Satukan Tanah dan Air, Jokowi: Bentuk Kebinekaan

Jokowi minta seluruh gubernur bawa tanah dan air dari wilayahnya masing-masing.

Tangkapan Layar/Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) saat lakukan seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Presiden Joko Widodo menggelar seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol IKN Nusantara dengan mengumpulkan 34 tanah dan air yang dibawa gubernur se-Indonesia.
Rep: Muhammad Rizki Triyana Red: Fian Firatmaja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo dan seluruh gubernur dari 34 provinsi hadir di titik 0 Ibu Kota Negara (Nusantara). Menurut Jokowi, kehadirannya bersama seluruh gubernur merupakan sebuah bentuk cita-cita dan pekerjaan besar mewujudkan hadirnya Ibu Kota Nusantara.


Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga meminta seluruh gubernur yang hadir untuk membawa tanah dan air dari wilayahnya masing-masing. Tanah dan air ini lalu disatukan  bersama di Ibu Kota Nusantara.

Hal ini menurut Jokowi menjadi sebuah simbol kebinekaan. Tak hanya itu, makna dari penyatuan tanah dan air sebagai wujud persatuan yang kuat dari seluruh masyarakat dalam mewujudkan Ibu Kota Nusantara.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler