Biawak Nyasar ke Teras Rumah Warga, Petugas Damkar Gercep Menangkapnya

Jika dibiarkan, biawak itu dikhawatirkan dapat membahayakan penghuni rumah maupun warga di sekitarnya.

network /Lilis Sri Handayani
.
Rep: Lilis Sri Handayani Red: Partner
Petugas Damkar Kuningan berhasil menangkap biawak yang masuk ke teras rumah warga. (Dok UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan)

KUNINGAN – Biawak biasanya tinggal di alam liar yang berdekatan dengan sumber air atau perairan. Namun biawak yang satu ini, justru masuk ke dalam rumah warga.


Seekor biawak diketahui masuk ke teras rumah seorang warga bernama Indra, di Jalan Jenderal Sudirman RT 02 RW 01 Kelurahan Awirarangan, Kecamatan/Kabupaten Kuningan, Senin (4/4/2022) pagi.

Keberadaan biawak itu diketahui saat Indra akan melakukan kegiatan rutin hariannya, yakni pergi ke toko di pasar baru. Ketika membuka pintu rumahnya, tiba-tiba dia melihat ada seekor biawak yang sedang merangkak di teras depan rumahnya.

Indra pun langsung melaporkan hal itu ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan. Petugas yang mendapat laporan tersebut segera datang.

Petugas pemadam kebakaran pun gerak cepat (gercep). Hanya butuh waktu lima menit, yakni dari pukul 07.15 WIB – 07.20 WIB, petugas pemadam kebakaran telah berhasil menemukan dan menangkap biawak tersebut.

Biawak itu diketahui bersembunyi di balik perabot yang ada di teras rumah tersebut.

‘’Apabila dibiarkan/tidak dievakuasi, biawak itu dikhawatirkan dapat membahayakan penghuni maupun warga yang melakukan kegiatan atau berada di sekitar rumah tersebut,’’ kata Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti.

Khadafi pun mengimbau agar warga tidak membiarkan tumpukan bahan bangunan, bekas sampah atau membiarkan halaman rumah kotor dan lembab. Pasalnya, hal itu akan mengundang hewan reptil masuk dan tinggal di tempat tersebut.

sumber : https://matapantura.republika.co.id/posts/94891/biawak-nyasar-ke-teras-rumah-warga-petugas-damkar-gercep-menangkapnya
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler