ASOKA-SG, Program Unggulan SDN Sirnagalih Bandung Barat

Program #039ASOKA-SG#039 merupakan program pengelolaan pembelajaran yang berdampak pada murid, yang dapat mengembangkan kreativitas murid dengan menghasilkan suatu karya.

retizen /Adhyatnika Geusan Ulun
.
Rep: Adhyatnika Geusan Ulun Red: Retizen
Pembimbing Program ASOKA-SG SDN Sirnagalih Bandung Barat

Oleh : Imas Sumiati


(SDN Sirnagalih Ngamprah KBB)

Nilai-nilai karakter yang ingin dicapai dari pembelajaran di Indonesia kini terangkum dengan apa yang disebut sebagai Profil Pelajar Pancasila, yang terbangun utuh dalam enam dimensi, yaitu: Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.

Pada dasarnya setiap orang memiliki bakat dan kemampuan tersendiri yang dimilikinya sejak lahir tanpa disadari. Namun, penulisngnya tidak semua orang benar-benar memahami dan mengetahui bakat dan kemampuan yang mereka miliki.

Kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menciptakan suatu hal yang baru yang berguna bagi dirinya dan masyarakat sekitar. Suatu hal baru yang dimaksud di sini yaitu tidak harus benar-benar baru atau tidak pernah ada sebelumnya. Bisa dikatakan suatu hal yang baru tersebut seperti suatu unsur atau produk yang sudah ada sebelumnya, tetapi diberikan kombinasi atau diberikan inovasi baru dengan kualitas yang berbeda dari produk sebelumnya.

Dalam hal pengembangan kreativitas murid, sekolah merupakan tempat yang tepat untuk mengakomodir kebutuhan murid dalam mengembangkan bakat, minat gagasan serta kreativitasnya.

Untuk pengembangan kreativitas murid, perlu pengembangan suatu program yang dapat mewadahi seluruh hasil karya kreativitas murid, atas dasar inilah program 'ASOKA-SG' diluncurkan.

'ASOKA-SG' merupakan kepanjangan dari 'Ayo Sobat Berkarya- SDN Sirnagalih'. Program 'ASOKA-SG' merupakan program pengelolaan pembelajaran yang berdampak pada murid, yang dapat mengembangkan kreativitas murid dengan menghasilkan suatu karya, contohnya seperti gambar bercerita, puisi, pantun, cerpen , kriya anyam, kerajinan tangan, tari kreasi, video pendek,dll. Hasil karya murid dikumpulkan pada ruang pajang karya di galeri sekolah dan galeri digital.

Tujuan Program

Tujuan diselenggarakan program diatas adalah untuk menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas peserta didik agar menjadi insan kreatif melalui ekosistem yang dibangun dalam program ' ASOKA – SG'.

Program ini pada dasarnya di rancang untuk menjadi wadah berkreasi dan berinovasi bagi murid-murid SDN Sirnagalih dalam menumbuhkan kreativitasnya dalam membuat suatu karya yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Mereka perlu di perkenalkan betapa pentingnya kegiatan yang dilakukan sehingga bisa menjunjung budaya kreatif yang mampu menghasilkan sebuah karya.

Dalam hal ini diperlukan sebuah pembiasaan yang menjadi sebuah budaya. dengan pelaksanan kegiatan program ASOKA-SG yang rutin dan berkelanjutan dari program ini maka dampak pada murid dalam hal ini adalah terbentuk dan berkembangnya kreativitas peserta didik menjadi insan yang kreatif melalui ekosistem yang dibangun dalam program ASOKA-SG akan dapat membuahkan hasil.

Perasaan penulis dalam merencanakan aksi nyata program yang berdampak pada murid ini adalah merasa tertantang, karena program ini harus menekankan pada aspek dampak langsung pada diri murid yaitu mengembangkan kreativitas dan pengembangan karakter pada aspek lain, seperti kedisipilinan, semangat dan tanggung jawab, dan juga kemampuan untuk mengembangkan kepemimpinan, bisa menjadi bekal murid untuk kehidupan yang lebih baik sebagai individu maupun anggota masyarakat.

Program ini tidak terlepas dari kolaborasi semua pemangku kepentingan terutama murid yang sangat antusias terlibat dalam program, serta kolaborasi wali kelas, guru pembimbing ekstrakurikuler, kordinator kelas yang mengkoordinir kegiatan dan juga peran orang tua murid yang juga terlibat dalam program ini. Penulis pun bertambah antusias tak kala seluruh pemangku kepentingan di sekolah terlibat dalam program ini .

Pembelajaran yang di dapatkan dari aksi nyata adalah terwujudnya kepemimpinan murid yang memiliki kreativitas untuk peningkatan minat dan bakatnya dalam menghasilkan sebuah karya, serta dapat mengembangkan jiwa kepemimpinan, disiplin dan tanggung jawab, terwujudnya karakter murid yang memiliki kreativitas, mendapatkan pengetahuan dari sumber–sumber informasi yang diperoleh dalam kegiatannya.

Kemudian, diharapkan murid berani tampil dalam mengekspresikan bakat, minat maupun potensinya pada akhirnya besar harapan penulis bahwa program ini akan bisa mewujudkan peserta didik yang kreatif sesuai dengan profil pelajar pancasila. Dari aksi nyata ini penulis mendapatkan banyak pelajaran penting, yaitu bagaimana penulis menyusun dan mengelola sebuah program yang berdampak pada murid dengan pemetaan aset model tahapan BAGJA.

Rencana Tindak Lanjut

Rencana perbaikan ke depan, yaitu lebih mengembangkan program ASOKA-SG yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan sekolah untuk dijadikan wadah pengembangan minat dan bakat murid agar bisa mengembangkan kreativitasnya, mengembangkan daya imajinasinya, mengoptimalkan potensinya, untuk menghasilkan sebuah karya.

Selain itu, ke depannya perlu pemberian apresiasi berupa reward kepada murid yang memiliki karya sebagai bentuk dukungan dan support untuk menambah semangat peserta didik dalam menampilkan kreativitasnya dalam program ASOKA-SG ini, dan juga perlunya peningkatan strategi 3K (Komunikasi, Kordinasi dan Kolaborasi) antara kepala sekolah, guru, murid juga orang tua dalam hal pengembangan program kegiatan ini agar program dapat berjalan secara konsisten dan berkesinambungan dan juga sesuai dengan apa yang kita harapkan.***

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun - Sumber: http://disdikkbb.org/news/asoka-sg-ayo-sobat-berkarya-sdn-sirnagalih/

Profil Penulis:

Imas Sumiati, lahir 3 Oktober 1972 di Bandung. Tinggal di Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Guru kelas di SD Negeri Sirnagalih Kecamatan Ngamprah sejak Maret 1999. Sekertaris Kelompok Kerja Guru (KKG) – Gugus 3-Kreatif Kec.Ngamprah Ketua Komunitas Praktisi "ASOKA-SG" (Ayo Sobat Berkarya-SDN Sirnagalih) di SD Negeri Sirnagalih. Kecamatan Ngamprah Kab. Bandung Barat, anggota PGRI Kec. Ngamprah, kodinator Tim Konstruksi Tes Kelas 5 SD Kecamatan Ngamprah, Sering menjadi juri kegiatan LBMKS (Lomba Bakat Minat & Kreatifitas Siswa) di Kec.Ngamprah Kab.Bandung Barat.

Email: imassirnagalih@gmail.com Fb: Imas Sumiati IG: @imas.sumiati.10

sumber : https://retizen.id/posts/173909/asoka-sg-program-unggulan-sdn-sirnagalih-bandung-barat
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Retizen bermakna Republika Netizen. Retizen adalah wadah bagi pembaca Republika.co.id untuk berkumpul dan berbagi informasi mengenai beragam hal. Republika melakukan seleksi dan berhak menayangkan berbagai kiriman Anda baik dalam dalam bentuk video, tulisan, maupun foto. Video, tulisan, dan foto yang dikirim tidak boleh sesuatu yang hoaks, berita kebohongan, hujatan, ujaran kebencian, pornografi dan pornoaksi, SARA, dan menghina kepercayaan/agama/etnisitas pihak lain. Pertanggungjawaban semua konten yang dikirim sepenuhnya ada pada pengirim. Silakan kirimkan video, tulisan dan foto ke retizen@rol.republika.co.id.
Berita Terpopuler