Penuhi Kebutuhan Hari Raya, Aleza Kolaborasi dengan Tiga Desainer Top Indonesia
Aleza gandeng Barli Asmara, Happa, dan Rama Dauhan untuk koleksi lebarannya.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan tahun ini, Aleza menghadirkan sesuatu yang baru dan segar, yaitu "The Pandora". Ini adalah proyek kolaboratif dengan desainer Indonesia untuk mengeksplorasi kreativitas mereka dalam membuat karya seni untuk dijadikan menjadi sebuah koleksi busana Hari Raya.
Managing Director Aleza, Dia Demona, menyebut bagi sebagian perempuan, memiliki baju karya seorang desainer adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Oleh karena itu, Aleza berusaha untuk mengakomodir keinginan tersebut.
"Inilah ide awal yang melatarbelakangi kolaborasi Aleza dengan tiga desainer top Indonesia, yakni Barli Asmara, Happa, dan Rama Dauhan," ungkap Dia dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (16/3/2023).
Aleza menyediakan versi ready to wear untuk ketiga karya desainer tersebut agar dapat dimiliki pelanggannya di seluruh Indonesia. Koleksi dari tiga desainer ini menghadirkan nuansa yang berbeda dan unik sehingga para perempuan bisa memilih koleksi sesuai dengan gaya mereka.
"Ketiga desainer ini dipilih karena memiliki karakter yang kuat dalam setiap rancangannya sehingga kami percaya kalau koleksinya akan memberikan warna baru terhadap produk yang akan dijual Aleza pada lebaran kali ini," tutur Dia.
Koleksi Barli Asmara for Aleza mengangkat tema New Retro dengan nuansa yang vintage dan feminin. Koleksi ini didominasi dengan warna earthy tone dengan bahan textured chiffon, rayon dobby, voile, dan katun dobby. Total ada 15 look yang diberikan kepada Aleza untuk diproduksi.
Creative Director Barli Asmara, Leslie Tobing mengungkapkan di bulan Juni 2022, Aleza mencetuskan ide untuk menciptakan kolaborasi. Dari awal pertemuan, Barli Asmara sudah merasakan chemistry yang kuat dengan label Aleza dan langsung mendapatkan gambaran umum garis merah dari penggabungan design aesthetics kedua label.
Dari sana, proses kreatif untuk menciptakan koleksi kolaborasi berlangsung cukup cepat. Dengan etos kerja dan semangat yang sama antara kedua label, desain final sudah terwujud pada Agustus 2022.
"Namun, serunya proses kreatif ini terus berlanjut, dari perencanaan foto dan video campaign, bahkan sampai sebelum hari show dilangsungkan, karena pastinya Barli Asmara dan Aleza ingin memberikan yang terbaik untuk para pencinta label Aleza dan Barli Asmara," ujar Leslie.
Lalu, ada koleksi Happa for Aleza yang terinspirasi dari kota Kordoba dengan cultural twist dan gaya modern ethnic. Mengusung warna kombinasi antara pastel dan bold, koleksi ini didominasi bahan silk polyester, 100 persen cotton, embroidery tille, dan creppe untuk 17 look.
"Kolaborasi Happa for Aleza kali ini menonjolkan desain dengan siluet-siluet feminin dan easy yang bisa lebih masuk ke market yang lebih luas, akan tetapi tetap mempertahankan craftmanship detailnya dan motif print yang selalu menjadi ciri khas Happa yang tentunya terinspirasi dari keindahan kota Kordoba yang sangat megah, vintage, dan intricate (penuh dengan detail)," ujar Mel Ahyar.
Sementara itu, koleksi Rama Dauhan for Aleza memiliki siluet dan skema warna yang mencolok, eksentrik, dan berjiwa bebas. Sebanyak 16 look koleksi Rama Dauhan untuk Aleza tampil lebih playful dan colorful dengan menggunakan bahan silk polyester, katun dobby, polyester, dan creppe.
Rama Dauhan mengaku sudah pernah membuat kolaborasi dengan brand lain, tapi tentu tantangan untuk setiap brand berbeda. Setiap kali bekerja sama dengan sebuah jenama, pihaknya akan lebih terbuka untuk menerima ide-ide baru.
"Inilah titik berat dalam setiap kolaborasi yang kami lakukan," ujar Rama di sela penyelenggaraan The Pandora Show di Gala Rooftop, Sutasoma Hotel, The Tribrata Darmawangsa, Jakarta, Kamis (16/3/2023).
Koleksi The Pandora ini mulai bisa didapatkan di semua kanal penjualan Aleza mulai tanggal 23 Maret 2023.