Malam Lailatul Qadar, Ada Galaksi Pusaran Air di Langit Malam Ini

Malam ini akan menawarkan kesempatan bagi para pengamat langit untuk melihat objek kosmik yang luar biasa dan menakjubkan.

network /Ilham Tirta
.
Rep: Ilham Tirta Red: Partner
Messier 51, juga dikenal sebagai Galaksi Pusaran Air. Gambar: Reinhold Wittich/Stocktrek Images/Getty Images

ANTARIKSA -- Malam ke 24 Ramadhan akan disuguhi oleh fenomena langit jauh yang mempesona. Galaksi berbentuk tangga spiral atau juga dikenal sebagai Messier 51, akan terlihat hampir sepanjang malam ini, Jumat, 14 April 2023.

Malam ini akan menawarkan kesempatan bagi para pengamat langit di manapun untuk melihat objek kosmik yang luar biasa dan menakjubkan. Galaksi Pusaran Air atau Galaxy Whirlpool akan berada di lokasi yang tepat di langit malam selama beberapa pekan ke depan. Namun, menurut In the Sky, galaksi itu akan berbentuk seperti tangga spiral dan mencapai titik tertinggi di langit sekitar tengah malam ini.

Karena itu, tidak ada ruginya bagi para Muslimin yang sedang beritikaf di masjid maupun di rumah melihat langit malam ini. Apalagi, bagi mereka yang menantikan malam yang spesial dan keramat, malam lailatul qadar.


Galaksi yang memiliki sebutan alternatif NGC 5194 ini pertama kali ditemukan pada Oktober 1773 oleh Charles Messier. Pada jarak 31 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Canes Venatici, M51 akan redup dengan magnitudo hanya 8,4, yang berarti tidak akan terlihat oleh mata telanjang.

Galaksi Pusaran Air seharusnya dapat diamati dengan sepasang teropong atau teleskop kecil dalam kondisi pengamatan yang baik dengan langit gelap dan cuaca cerah. Untuk menemukan Galaxy Whirlpool malam ini, mungkin paling mudah untuk menemukan Ursa Major, rumah Biduk. Galaksi akan berada tepat di timur laut bintang terakhir di pegangan Dipper, Alkaid.

Namun, dibutuhkan instrumen dengan kekuatan pengamatan nyata untuk melihat galaksi M51 seluas 76.900 tahun cahaya dalam kemegahan penuhnya. Misalnya, ketika para astronom melihat M51 dengan Teleskop Luar Angkasa Hubble, mereka dapat melihat lengan bintang dan gas galaksi yang luar biasa, fitur yang paling mencolok dari galaksi spiral seperti ini.

Lengan spiral ini bukan hanya fitur estetika, namun karena gelombang dengan kepadatan yang meningkat ini melewati bintang dan gas, gas menjadi padat dan ini memicu pembentukan bintang. Para astronom berpikir bahwa lengan spiral M51 mungkin sangat menonjol karena pertemuan dekat dengan galaksi padat di dekatnya, NGC 5195.

Galaksi kuning kecil ini telah berlayar melewati pusaran air kosmik ini selama ratusan juta tahun dan tampaknya menarik salah satu lengan M51. Tarik-menarik galaksi ini juga memicu pembentukan bintang.

sumber : https://antariksa.republika.co.id/posts/211125/malam-lailatul-qadar-ada-galaksi-pusaran-air-di-langit-malam-ini
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler