Pertaruhan Apple Inc Saat Membuka Toko Ritel Pertamanya di India
Toko Apple kedua akan dibuka pada Kamis di ibu kota negara, New Delhi.
REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Apple Inc membuka toko pertamanya di India dalam peluncuran yang sangat dinantikan pada Selasa (18/4/2023). Apple menyoroti aspirasi perusahaan untuk berekspansi di negara yang juga diharapkan menjadi pusat manufaktur potensial.
CEO Apple, Tim Cook, berpose untuk foto dengan beberapa penggemar Apple yang berbaris di luar toko seluas 20.000 kaki persegi di ibu kota keuangan India, Mumbai. Desain toko terinspirasi oleh taksi hitam-kuning yang ikonik unik di kota. Toko kedua akan dibuka Kamis di ibu kota negara, New Delhi.
“India memiliki budaya yang sangat indah dan energi yang luar biasa, dan kami bersemangat untuk membangun sejarah panjang kami,” kata Cook dalam sebuah pernyataan sebelumnya.
Raksasa teknologi itu telah beroperasi di India selama lebih dari 25 tahun, menjual produknya melalui pengecer resmi dan situs web yang diluncurkannya beberapa tahun lalu. Tetapi kendala peraturan dan pandemi menunda rencananya untuk membuka toko utama.
Toko-toko baru tersebut merupakan sinyal yang jelas dari komitmen perusahaan untuk berinvestasi di India, pasar smartphone terbesar kedua di dunia di mana penjualan iPhone terus meningkat, kata Jayanth Kolla, analis di Convergence Catalyst, sebuah konsultan teknologi. Toko-toko tersebut menunjukkan “betapa pentingnya India bagi masa kini dan masa depan perusahaan,” tambahnya.
Untuk perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, luas dan besarnya populasi menjadikan India sebagai pasar yang sangat menggembirakan. Sekitar 600 juta dari 1,4 miliar orang India memiliki smartphone yang berarti pasar masih belum tertembus dan prospek pertumbuhannya sangat besar, kata Neil Shah, wakil presiden riset di perusahaan riset pasar teknologi Counterpoint Research.
Antara tahun 2020 dan 2022, perusahaan Silicon Valley telah mendapatkan beberapa tempat di pasar ponsel pintar di negara tersebut, dari hanya sekitar 2 persen menjadi 6 persen, menurut data Counterpoint. Tetap saja, label harga iPhone yang lumayan membuatnya tidak terjangkau oleh sebagian besar orang India.
Sebaliknya, penjualan iPhone di negara itu telah berkembang pesat di antara sebagian kecil kelas menengah ke atas dan orang kaya India, segmen pembeli yang menurut Shah meningkat. Menurut data Counterpoint, Apple telah merebut 65 persen dari pasar smartphone "premium", di mana harganya berkisar dari 30.000 rupee (360 dolar AS).
Pada September, Apple mengumumkan akan mulai membuat iPhone 14 di India. Berita itu dipuji sebagai kemenangan bagi pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi yang telah mendorong peningkatan manufaktur lokal sejak ia berkuasa pada 2014.
Apple pertama kali mulai memproduksi dari India pada tahun 2017 dengan iPhone SE-nya dan sejak itu terus merakit sejumlah model iPhone dari negara tersebut.
Sebagian besar ponsel cerdas dan tablet Apple dirakit oleh kontraktor dengan pabrik di China. Akan tetapi perusahaan mulai melihat kemungkinan memindahkan beberapa produksi ke Asia Tenggara atau tempat lain setelah penutupan berulang kali untuk melawan COVID-19 yang mengganggu aliran produk globalnya.
“Perusahaan besar tersentak, mereka menyadari bahwa mereka membutuhkan strategi cadangan di luar China, mereka tidak dapat mengambil risiko penguncian lagi atau keretakan geopolitik apa pun yang memengaruhi bisnis mereka,” kata Kolla.