Dominasi Mobil Listrik China Mempercepat Akhir Era Mesin Bensin
Ini menandai akhir dari mesin pembakaran internal dan awal era EV.
REPUBLIKA.CO.ID,SHANGHAI--Shanghai Auto Show tahun ini menandai berakhirnya era mesin bensin di China. Karena merek kendaraan listrik domestik mendorong perubahan di seluruh sektor dan meninggalkan perusahaan asing yang masih berkutat dengan produksi mobil bensin, kata analis dan orang dalam industri.
Dukungan pemerintah untuk kendaraan listrik (EV) dan meningkatnya minat dari basis konsumen yang luas telah memastikan dominasi perusahaan China atas pasar dalam negeri mereka, yang terbesar di dunia. Kini mereka mulai mengarahkan target pasar ekspor ke luar negeri.
Shanghai telah menunjukkan merek China "dapat bersaing dengan semua pembuat mobil warisan dalam segala hal - kinerja, kualitas, kenyamanan, tidak ada yang tidak dapat mereka lakukan", kata spesialis EV Elliot Richards sambil bercanda mengatakan bahwa dia telah melihat "banyak pria Jerman berkeliaran dengan penuh kekhawatiran".
"Menurut saya pertunjukan ini menandai akhir dari mesin pembakaran internal dan awal era EV," tambahnya.
Perusahaan EV sangat sadar bahwa mereka mendekati pendahulunya yang berbahan bakar fosil."Kami menganggap kendaraan bensin kelas atas seperti BMW, Mercedes Benz, dan Audi sebagai pesaing utama kami," kata William Li, CEO "Chinese Tesla" Nio, kepada AFP.
Menurut Asosiasi Produsen Mobil China, kendaraan listrik merupakan seperempat dari penjualan mobil di negara itu pada tahun 2022, meningkat 94 persen dari tahun ke tahun.
Meskipun ada penurunan di sektor otomotif global, Li mengatakan dia berpikir pangsa pasar kendaraan listrik di China dapat meningkat menjadi lebih dari 40 persen tahun ini.
Di Shanghai, lusinan model baru dipamerkan dari pembuat mobil baru dan lama. "Masa depan sangat banyak di sini sekarang," kata Mike Johnstone, seorang eksekutif puncak di merek mewah Inggris Lotus, kepada AFP. "Ada banyak proliferasi produk listrik (di China), dan ini mengubah seluruh pasar."
Mulai awal
China telah mendedikasikan sumber daya yang sangat besar untuk industri ini.
"Mereka melewatkan pengembangan mesin bensin karena tidak bisa bersaing dengan negara lain di dunia," kata Richards."Jadi mereka berpikir: '(Dengan EV) kita bisa memulai lebih awal di depan orang lain'.
"Negara ini mulai banyak berinvestasi dalam teknologi terkait sejak awal tahun 2000-an."Ini tertanam dalam sifat sistem ekonomi negara: pemerintah China sangat baik dalam hal .."Ini tertanam dalam sifat sistem ekonomi negara: pemerintah China sangat pandai memfokuskan sumber daya pada industri yang ingin tumbuh," tulis Zeyi Yang di MIT Technology Review.
Otoritas pusat dan daerah menggelontorkan miliaran dolar AS untuk subsidi dan keringanan pajak, dan mengalokasikan kontrak angkutan umum ke perusahaan EV.
Infrastruktur pendukung juga dibangun - pemerintah mengatakan sekarang ada lebih dari 5,8 juta tiang pengisian di China.
Provinsi Guangdong saja memiliki sekitar tiga kali lebih banyak pengisi daya publik daripada seluruh Amerika Serikat, menurut data Bloomberg.
Secara umum, masih banyak kebijakan preferensial untuk produksi dan penjualan kendaraan listrik, kata Li dari Nio, mencontohkan pembebasan biaya plat nomor yang mahal di beberapa kota.
Ekosistem inovasi
Kebijakan itu juga berlaku untuk merek asing. Taktik itu membantu memikat pemimpin industri Tesla ke China, memperkuat reputasi sektor tersebut dan memicu persaingan lebih lanjut.
Saat ini, lebih dari 94 merek menawarkan lebih dari 300 model di pasar China, "yang paling dinamis secara global", menurut Counterpoint Research.
Beberapa menghancurkan anggapan yang menempatkan EV di luar kemampuan konsumen rata-rata.
Di Shanghai, Geely China memamerkan Panda Mini berbentuk kotak - termasuk yang berwarna kuning cerah dengan tulisan "what the duck" terpampang di sisinya. Versi yang lebih murah berharga sekitar 5.800 dolar AS.
Di masa depan, teknologi lokal dapat menurunkan harga lebih jauh lagi. Raksasa baterai CATL telah mengembangkan sel yang menggunakan natrium sebagai pengganti ion litium, yang pertama lebih melimpah dan lebih murah daripada yang kedua. Tepat sebelum acara dibuka, CATL mengumumkan baterai tersebut akan dimasukkan ke dalam mobil merek domestik Chery.
Riak di luar negeri
Semua langkah produsen mobil listrik China tersebut diawasi ketat oleh pesaing asing. Merek-merek di pasar China "menetapkan tolok ukur sekarang" untuk merek lain, kata Johnstone dari Lotus.
Dan perusahaan EV China sudah mulai membuat terobosan di luar negeri. Yang terbesar dari mereka, BYD, mendirikan toko di Norwegia kemudian berkembang, dan yang lainnya mengikuti.
CEO Zeekr's Europe milik Geely, Spiros Fotinos, mengatakan kepada AFP bahwa kecanggihan teknologi EV buatan China melawan stereotip lama seputar kualitas yang mungkin dimiliki oleh konsumen asing.
"Konsumen melihat banyak inovasi teknologi keselamatan, dengan sistem bantuan pengemudi yang benar-benar canggih," katanya.
Namun Richards mengatakan kesuksesan pembuat mobil China di Barat bukanlah "kesepakatan yang selesai", karena mereka harus beradaptasi dengan pasar. "Mesin karaoke di mobil, misalnya -- sangat populer di China, tidak begitu populer di Eropa," katanya.
Johnstone menegaskan pembuat mobil dengan "warisan dan sejarah" yang disambut baik di era listrik akan tetap kompetitif. "Merek yang sudah ada selama beberapa tahun... akan terus hidup di masa depan juga," katanya.