Daftar Istilah yang Sering Didengar Selama Euforia Rencana Konser Coldplay di Jakarta
Rencana Coldplay konser di Jakarta telah membuat media sosial gegap gempita.
Rencana kedatangan dan konser band asal Inggris, Coldplay di Jakarta pada 15 November 2023 telah memunculkan euforia massal di jagat maya. Berbagai istilah baru pun banyak berseliweran di berbagai platform media sosial.
Agar tak bingung, berikut daftar istilah yang belakangan sering kita dengar sejak Coldplay mengumumkan rencana konsernya di Indonesia.
1. War tiket
Dalam perburuan tiket konser, war bisa diartikan berebut tiket secara online. Untuk konser-konser tertentu, war tiket perlu dilakukan karena jumlah orang yang berburu tiket cukup besar.
Ketika war tiket, biasanya para calon penonton harus cepat dalam membeli tiket yang diperlukan dan dibutuhkan strategi khusus agar dapat memenangkan war tiket.
2. Jastip
Sulitnya mendapatkan tiket konser, seperti konser Coldplay, membuat jastip pun makin populer. Jastip atau jasa titip menjadi salah satu pilihan penggemar konser untuk mendapatkan tiket.
Caranya, dengan booking slot ke para penyedia jastip tiket. Harga tiketnya pasti4. jauh lebih tinggi daripada harga war, sebab ada jasa titip yang harus dibayar.
3. Tiket Kategori Restricted view
Restricted View adalah kategori tiket konser yang memberikan akses ke area duduk dengan pandangan terbatas atau terhalang.Biasanya, area duduk ini berada di sisi panggung atau di belakang kolom atau tiang penyangga. Tiket dengan kategori ini biasanya dijual dengan harga lebih murah daripada kategori tiket lainnya.
4. FOMO
Dalam beberapa hari belakangan, kita pasti pernah mendengar istilah FOMO. Khususnya, ketika kita mendengar berita atau perbincangan tentang Coldplay.
Istilah FOMO ramai di Twitter sampai menjadi 'trending' di jagat Twitter Indonesia. Terpantau lebih dari 21 ribu cuitan menyematkan istilah 'FOMO' setelah 'perang' presale tiket konser Coldplay berlangsung.
FOMO adalah singkatan dari fear of missing out. Dilansir dari Very Well Mind, fear of missing out bisa diartikan takut ketinggalan. Hal ini mengacu pada perasaan atau persepsi bahwa orang lain bersenang-senang, hidupnya lebih baik, mengalami hal lebih baik dari Anda.
WTS merupakan singkatan dari Want To Sell, yaitu seseorang yang ingin menjual produk mereka. Sedangkan WTB adalah singkatan dari Want To Buy, yaitu seseorang yang ingin membeli produk yang sesuai dengan kriteria yang di ingikan pembeli. Bahasa lainnya adalah WTS mencari pembeli sedangkan WTB mencari penjual
Dalam konteks konser Coldplay, bisa saja orang mati-matian mendapatkan tiket konser walaupun sebenarnya mereka bukan merupakan fans dari band Coldplay. Upaya mati-matian untuk bisa menonton konser ini, hanya supaya tak ketinggalan keriaan orang banyak saat konser nanti digelar.
5. WTS dan WTB
Ketika mencari tiket konser atau acara-acara tertentu, kita pasti sering melihat ada istilah WTS dan WTB. WTS merupakan singkatan dari Want To Sell, yaitu seseorang yang ingin menjual tiket yang mereka punya.
Alasannya bermacam-macam, mulai dari batal menonton hingga sengaja mencari cuan. Sedangkan WTB adalah singkatan dari Want To Buy, yaitu seseorang yang ingin membeli tiket karena kehabisan.