Baru Listing, Emiten Ini Janji Tebar Dividen 50 Persen dari Laba

Graha Mitra Asia berjanji akan membagikan dividen.

Dok. Humas BEI
PT Graha Mitra Asia Tbk resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (22/6/2023). Pengembang properti dan real estate yang dikenal dengan nama RelifeAsia ini menjadi emiten ke 44 yang mencatatkan saham di BEI.
Rep: Retno Wulandhari Red: Ahmad Fikri Noor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah resmi menjadi perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Graha Mitra Asia Tbk berjanji akan langsung membagikan dividen kepada pemegang saham. Jumlahnya mencapai 50 persen dari laba bersih. 

Baca Juga


"Perseroan memiliki kebijakan pembagian dividen sebesar maksimal 50 persen dari laba bersih," kata Direktur Keuangan PT Graha Mitra Asia Tbk, Edy Abdul Malik, Kamis (22/6/2023).

Selain itu, menurut Edy, perusahaan juga memiliki potensi untuk membagikan dividen interim di tahun ini. Emiten yang dikenal dengan nama RelifeAsia ini akan membagikan dividen interim jika kondisi kinerja keuangan perseroan tetap baik sampai akhir tahun.

"Manajemen akan mempertimbangkan untuk membagikan dividen interim di tahun ini," jelas Edy.

Kinerja Perseroan di sepanjang 2022 meningkat secara signifikan. Hingga akhir tahun lalu, pendapatan Perseroan meningkat 831,5 persen menjadi Rp 18,35 miliar. Sementara, pendapatan di 2021 hanya sebesar Rp 1,97 miliar.

Edy menjelaskan, kenaikan tersebut diperoleh karena perseroan baru memulai proyek perumahan Greenland Kemang pada pertengahan 2022. Kenaikan penjualan didominasi dengan pendapatan atas penjualan unit rumah pada Proyek Greenland Kemang, Bogor yang telah diserahterimakan oleh perseroan. 

Kenaikan penjualan tersebut juga yang memengaruhi kenaikan atas laba bersih dan margin laba bersih Perseroan. Laba bersih pada 2022 naik sebesar 2730 persen menjadi Rp 4,48 miliar. Perusahaan mengalami kenaikan signifikan jika dibandingkan dengan 2021 dengan laba bersih sebesar Rp 158 4 juta.

Sementara, margin laba bersih di 2022 juga mengalami peningkatan menjadi 24,5 persen jika dibandingkan dengan tahun 2021 sebesar 8,4 persen.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler