Pelindo Petikemas dan BSI Kerja Sama Pembayaran Jasa Kepelabuhanan

Kerja sama dengan PT Pelindo Terminal Petikemas merupakan bentuk kolaborasi BUMN.

Tahta Aidilla/Republika
Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Hery Gunardi (kedua kiri), Direktur Retail Banking Ngatari, Direktur Finance & Strategy Ade Cahyo Nugroho, Direktur Risk Management Tiwul Widyastuti dan Direktur Compliance & Human Capital Tribuana Tunggadewi (dari kiri) berbincang saat paparan kinerja perseroan di Kantor Pusat BSI, Jakarta, Kamis (27/4/2023). PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) membukukan kinerja impresif sepanjang triwulan I/2023 dengan perolehan laba bersih mencapai Rp1,46 triliun atau tumbuh 47,65 persen secara year on year yang didorong melalui penguatan fungsi intermediasi melalui penghimpunan dana masyarakat dan penyaluran pembiayaan.
Red: Lida Puspaningtyas

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) bekerja sama memberikan kemudahan pengguna jasa dalam melakukan pembayaran layanan jasa kepelabuhanan.

Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas Widyaswendra dalam keterangan diterima di Surabaya, Selasa mengatakan layanan yang disiapkan SPTP dan BSI meliputi penerimaan pembayaran melalui sistem autocollection, penerimaan pembayaran menggunakan mekanisme billing payment melalui layanan BSI pembayaran institusi (BPI), dan layanan transaksi pengeluaran untuk dana milik SPTP.

"Dengan layanan yang disiapkan nantinya pengguna jasa tidak perlu melakukan pembayaran jasa kepelabuhanan secara manual," ujarnya.

Seluruh proses pembayaran akan dilakukan dengan pemindahbukuan secara langsung oleh SPTP. Nantinya, antara SPTP dan BSI akan terhubung secara langsung secara host to host untuk melakukan sejumlah layanan perbankan bagi pengguna jasa.

"Tentu hal ini dapat dilakukan dengan sejumlah persyaratan, salah satunya adalah SPTP sudah memperoleh surat kuasa dari pengguna jasa untuk melakukan sistem autocollection dalam pembayaran jasa kepelabuhanan," kata Widyaswendra.

Disebutkan juga dalam proses pemindahbukuan dari rekening pengguna jasa ke rekening SPTP, pihak BSI juga akan melakukan sejumlah verifikasi sesuai dengan dokumen yang dipersyaratkan. Selain itu, pengguna jasa juga akan memperoleh laporan atas sejumlah kegiatan layanan jasa perbankan yang dilakukan oleh SPTP.

"Transparansi dan integritas menjadi prinsip dalam layanan yang disiapkan antara SPTP dan BSI bagi pengguna jasa," ujarnya.

Direktur Retail Banking BSI Ngatari mengatakan kerja sama dengan PT Pelindo Terminal Petikemas merupakan bentuk kolaborasi antargrup BUMN untuk meningkatkan layanan melalui sistem yang terintegrasi.

Pihaknya juga akan terus mendukung Pelindo Grup dalam memberikan kemudahan bertransaksi bagi pengguna jasa layanan kepelabuhanan. BSI sendiri saat mengelola lebih dari separuh payroll karyawan Pelindo Group yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

"Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh PT Pelindo Terminal Petikemas atas jasa perbankan bagi para pengguna jasa. Kami ijin untuk manjajaki peluang bisnis yang ada di Pelindo," kata Ngatari.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler