Telan Kekalahan Perdana, Brasil Turun ke Posisi 3 Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026

Brasil pun tertinggal dua poin dari Argentina yang memuncaki klasemen sementara.

AP Photo/Andre Penner
Pelatih timnas Brasil Fernando Diniz (kiri) berbincang dengan pemain bintangnya, Neymar, menjelang Kualifikasi Piala Dunia 2026.
Rep: Reja Irfa Widodo Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, MONTEVIDEO -- Brasil gagal kembali ke jalur kemenangan di lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan (CONMEBOL). Tim besutan Fernando Diniz itu bahkan dipaksa menelan kekalahan perdana di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 usai menyerah, 0-2, di tangan Uruguay, Rabu (18/10/2023) pagi WIB.

Tim Selecao datang ke markas Uruguay, Stadion Centenario, pada laga keempat babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona CONMEBOL dengan tekad kembali ke jalur kemenangan. Maklum, di laga sebelumnya, Brasil harus rela berbagi angka dengan Venezuela usai memetik hasil imbang, 1-1, tengah pekan lalu.

Namun, lawatan ke markas La Celeste itu justru berakhir tragis buat timnas tersukses di sepanjang sejarah Piala Dunia tersebut. Dua gol bersarang di gawang Brasil, tanpa mampu membalas satu gol pun ke gawang tim besutan Marcelo Bielsa tersebut.

Uruguay, yang tetap mengandalkan agresivitas dan pressing ketat, mampu meladeni permainan Selecao di laga tersebut. Di sisi lain, Brasil masih terus mengandalkan kecepatan Vinicius Junior, kemampuan teknik Neymar, dan ketajaman Gabriel Jesus. Namun, gol pertama di laga ini menjadi milik tim tuan rumah.

Lewat sebuah serangan cepat, Uruguay mencatatkan keunggulan via gol tandukan Darwin Nunez pada menit ke-42. Penyerang Liverpool itu menyambar bola hasil umpan lambung Maximiliano Araujo dari sisi kanan pertahanan Brasil. Bola tandukan Nunez dari dalam kotak penalti meluncur deras ke gawang Brasil.

Selecao mencoba merespons gol tersebut dengan terus melancarkan serangan. Namun, performa solid lini belakang Uruguay terbukti mampu membuat lini serang Brasil tidak berkutik. Brasil sebenarnya sempat memiliki peluang menyamakan kedudukan via tendangan bebas. Kendati begitu, bola hasil tendangan bebas itu masih membentur mistar gawang.

Baca Juga


Brasil kembali dikejutkan dengan gol Uruguay, tepatnya pada menit ke-77. Kali ini, giliran Nunez yang menciptakan assist. Operan Nunez mampu dimanfaatkan Nicola de la Cruz dengan sepakan dari dalam kotak penalti. Seiring dengan kegagalan Brasil memecahkan kebuntuan hingga akhir laga, gol ini sekaligus menjadi gol terakhir di laga itu.

Dengan hasil ini, Brasil menelan kekalahan perdana di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan. Torehan kemenangan beruntun di dua laga awal kualifikasi Piala Dunia 2026 milik Brasil terhenti saat ditahan imbang Venezuela. Kegagalan memetik poin itu ternyata terus berlanjut di laga ini.

Akibat kekalahan dari Uruguay tersebut, Brasil melorot ke peringkat ketiga klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona CONMEBOL. Meski mengemas tujuh poin dan sama-sama mengantongi selisih tiga gol, Brasil harus rela menyerahkan peringkat kedua klasemen sementara kepada Uruguay, yang unggul head to head.

Brasil pun tertinggal dua poin dari Argentina, yang memuncaki klasemen sementara. Selisih poin ini bisa bertambah apabila Albiceleste bisa membungkam Peru di laga keempat kualifikasi Piala Dunia 2026, yang digelar berselang beberapa jam pasca laga Brasil kontra Uruguay.

Tidak hanya soal kegagalan meraih poin, Brasil juga kehilangan salah satu pemain andalannya, Neymar, di laga ini. Bintang Al Hilal itu mengalami cedera dan harus ditarik keluar pada pengujung babak pertama. Neymar dilaporkan mengalami cedera lutut kiri dan terlihat menahan tangis kala dibawa keluar lapangan oleh tim medis.

Cedera lutut yang sempat dialami pemain berusia 33 tahun itu agaknya kembali kambuh. Hingga kini, tim medis timnas Brasil belum mengungkapkan kondisi terkini pemain berusia 33 tahun tersebut.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler