Tiga Cara Mengalahkan Setan Menurut Imam Al Ghazali

Imam Al Ghazali menjelaskan ada dua cara untuk mengenali tipu daya setan.

Republika.co.id
Tiga Cara Mengalahkan Setan Menurut Imam Al Ghazali
Rep: Fuji E Permana Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JaKARTA -- Dalam kitab Minhajul Abidin yang ditulis Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad al-Ghazali atau yang dikenal Imam Al-Ghazali dijelaskan bahwa para ulama memberi tahu tiga cara untuk mengalahkan setan. 

Baca Juga


Di dalam kitabnya, Imam Al-Ghazali mengatakan Allah memerintahkan kita untuk memerangi setan dan menyiapkan diri sepenuhnya untuk menghadapi peperangan melawan setan. Para ulama memberi nasihat, diperlukan tiga cara untuk bisa mengalahkan setan.

Pertama, mengenal, mempelajari perangkap, dan tipu daya setan. Jika setan tahu bahwa kamu telah menguasai perangkap dan tipu daya setan, maka setan tidak berani mendekati kamu. Ini ibarat seorang pencuri, yang segera lari menghindar karena si pencuri merasa pemilik rumah bangun dan mengetahui keberadaannya.

Kedua, jangan pernah menanggapi ajakan setan, termasuk dengan menunjukkan minat dan coba mengikuti langkahnya. Sebab ajakan setan itu bagaikan anjing yang menggonggong, jika kamu mendatanginya, maka anjing itu akan menyerang dan menggigit kamu. Akan tetapi, jika kamu menghindarinya, maka lama-lama anjing tersebut akan diam.

Ketiga, terus-menerus berzikir...

 

 

Ketiga, terus-menerus berzikir kepada Allah, baik dengan lisan maupun dengan hati kamu. Karena Nabi Muhammad SAW pernah bersabda seperti ini.

Rasulullah SAW bersabda, "Bahwa kedudukan zikrullah terhadap setan adalah bagaikan luka pada anak Adam (manusia).”

Lantas, bagaimana caranya mengetahui tipu daya setan dan bagaimana bisa memahami hal itu? Imam Al-Ghazali menjelaskan ada dua cara untuk mengenali tipu daya setan.

Pertama, setan menyerang korbannya dengan cara membidik mereka dengan bisikan-bisikan, seperti panah yang dilesatkan dari busurnya. Kamu dapat mengenali anak panah setan itu dengan merasakan bisikan-bisikan yang beraneka ragam itu.

 

Kedua, senjata kedua setan adalah para muridnya yang sudah berhasil ia jerat. Hal itu dapat kamu kenali dengan mengetahui jenis-jenis tipu daya dan sifat-sifatnya, juga cara menyerangnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler