TNI AU Grounded Semua Pesawat Super Tucano
Dua pesawat Super Tucano yang jatuh di Pasuruan disebut dalam kondisi layak terbang.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TNI Angkatan Udara (AU) tidak menerbangkan untuk sementara waktu (grounded) seluruh pesawat tempur EMB-314 Super Tucano. Grounded sampai ada kepastian tidak ada malfungsi mesin pesawat dari hasil penyelidikan awal dua pesawat serupa yang jatuh di Pasuruan.
Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI R. Agung Sasongkojati menjelaskan jika temuan awal investigasi itu menunjukkan pesawat jatuh bukan karena technical failure (kesalahan teknis mesin pesawat), maka pesawat tempur Super Tucano di Skadron Udara 21 Pangkalan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Jawa Timur, kembali beroperasi seperti biasa.
“Ke depannya, mengenai pesawat Super Tucano, tentu pesawat sementara tidak diterbangkan sampai data awal apakah ada hal teknis terkait dari kecelakaan itu, bila tidak karena (kesalahan) teknis, maka tentu akan diterbangkan lagi,” kata Kadispenau saat jumpa pers di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (17/11/2023).
TNI AU menerima secara bertahap 16 unit EMB-314 Super Tucano sejak 2012. Seluruh unit Super Tucano TNI AU ditempatkan di Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh.
Dua pesawat EMB-314 TNI AU yang jatuh, yaitu unit dengan nomor registrasi TT-3103 memperkuat Skadron Udara 21 sejak 2 Februari 2012. Sementara, unit bernomor TT-3111 sejak 23 November 2015.
“Kedua pesawat ini dalam kondisi yang layak terbang dan usia pakai yang relatif muda yakni 11 tahun dan 8 tahun. Berbagai misi operasi dan latihan telah dilaksanakan oleh pesawat tempur kebanggaan TNI Angkatan Udara,” demikian siaran resmi TNI AU.
Terkait kondisi pesawat Super Tucano TNI AU, Kadispenau menilai pesawat tempur taktis itu masih dalam keadaan sempurna. “Pesawat ini masih berjalan sempurna layaknya pesawat yang baru, tidak ada penurunan kemampuan dari pesawat ini sampai saat ini di Skadron. Saya sudah bertanya kepada pilotnya, dan (mereka) menyatakan tidak ada satu pun penurunan yang signifikan daripada kemampuan pesawat dalam dioperasikan,” kata Agung.
Dia melanjutkan pesawat tempur EMB-314 Super Tucano TNI AU masih dalam kesiapan tempur yang tinggi. “Pesawat cukup baik dirawat, suku cadangnya cukup baik sehingga tidak ada masalah. Pesawat ini handal, mumpuni, dan diandalkan pada setiap misi,” kata Agung.
Pesawat EMB-314 Super Tucano merupakan pesawat latih lanjut yang berkemampuan COIN (counter-insurgency) atau pesawat anti-perang gerilya. Pesawat buatan Embraer Brazil itu diperkuat mesin Pratt & Whitney Canada PT6A-68C turboprop yang dapat terbang dengan kecepatan maksimum 590 kilometer per jam dan terbang sampai ketinggian 35.000 kaki. Super Tucano juga sanggup menahan gaya gravitasi maksimum hingga +7g dan -3.5g.
Kadispenau menyampaikan saat ini tim investigasi dari Pusat Kelaikan dan Keselamatan Terbang Kerja TNI AU (Puslaiklambangjaau) masih menyelidiki sebab jatuhnya pesawat. Tim investigasi itu juga dibantu oleh Skadron Teknik (Skatek) Lanud Abdulrachman Saleh.
Tim investigasi TNI AU, yang dipimpin langsung oleh Komandan Puslaiklambangjaau Marsekal Muda TNI Benedictus Benny Koessetianto, pada Jumat pagi berhasil mencapai lokasi jatuhnya pesawat, yang berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tidak hanya lokasinya yang tinggi, lokasi jatuhnya pesawat juga berada di sekitar lereng gunung dan perkebunan warga.
Sebelumnya, dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano TNI AU jatuh di lereng Gunung Bromo, kawasan Taman Nasional Gunung Bromo, Tengger, Semeru, di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023), saat mereka menjalani sesi profisiensi latihan formasi bersama dua pesawat tempur Super Tucano lainnya. Empat pesawat itu lepas landas dari Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh pada pukul 10.51 WIB dalam keadaan baik.
“Pesawat ini dalam kondisi baik, penerbangnya baik, flight (penerbangan) dari empat pesawat dengan delapan kru di dalamnya. Mereka semua menjalankan prosedur dengan baik, pre take off, pre start engine baik,” kata Kadispenau.
Namun pada 11.18 WIB dua pesawat yang nomor registrasi masing-masing TT-3111 dan TT-3103 hilang kontak. Dua pesawat yang jatuh itu mengangkut empat kru, yang seluruhnya gugur dalam tugas.
Letkol Pnb Sandhra “Chevron” Gunawan (Komandan Skadron Udara 21) saat itu bertugas menerbangkan pesawat dengan nomor registrasi TT-3111, dan di kursi penumpang ada Kolonel Adm Widiono Hadiwijaya (Kepala Dinas Personel Lanud Abdulrachman Saleh).
Setelah itu, pesawat dengan nomor registrasi TT-3103 diterbangkan oleh Mayor Pnb Yuda A. Seta (Kepala Ruang Operasi Lanud Abdulrachman Saleh) dan di kursi penumpang ada Kolonel Pnb Subhan (Danwing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh). Seluruh awak penumpang gugur dalam tugas, dan jasad mereka berhasil ditemukan, Kamis.
Prosesi pemakaman terhadap para prajurit AU itu berlangsung pada hari Jumat. Para prajurit itu, yang menerima kenaikan pangkat satu tingkat (anumerta), dimakamkan di Malang dan Madiun. Tiga prajurit yang dimakamkan di TMP Suropati, Malang, Jawa Timur, Jumat, ialah Marsekal Pertama TNI (Anumerta) Subhan, Marsekal Pertama TNI (Anumerta) Widiono Hadiwijaya dan Kolonel Penerbang (Anumerta) Sandhra Gunawan. Sementara Letkol Pnb (Anumerta) Yuda A. Seta dimakamkan di TMP Madiun, Jawa Timur, Jumat.
Jatuhnya dua pesawat tempur Super Tucano di Pasuruan harus menjadi catatan pemerintah khususnya Kementerian Pertahanan maupun TNI untuk membenahi secara menyeluruh alat utama sistem senjata (alutsista). Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan, meskipun kecelakaan kali ini diduga disebabkan cuaca buruk, tetapi setiap insiden harus menjadi catatan.
"TNI harus makin serius memastikan keamanan alutsista dan keselamatan prajuritnya dengan peningkatan standar pemeliharaan, disiplin pada prosedur dan alokasi anggaran yang lebih proporsional pada upaya-upaya itu," ujar Khairul kepada wartawan, Jumat (17/11/2023).
Menurutnya, insiden jatuhnya pesawat dari Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang ini menjadi pengingat perlunya membangun pertahanan dengan perencanaan yang komprehensif. Apalagi dalam kejadian ini ada dua pesawat jatuh dan menyebabkan empat prajurit meninggal dunia.
"Yang terpenting dari semua itu adalah bahwa pembangunan kekuatan pertahanan membutuhkan perencanaan yang komprehensif, berkelanjutan serta didasarkan pada skala prioritas yang jelas, terukur dan mengacu pada proyeksi bentuk dan tingkat ancaman di masa mendatang," ujarnya.
Namun, Khairul menyayangkan dalam upaya membenahi alutsista, anggaran masih menjadi alasan penyulit. Karena itu, dia berharap masalah anggaran bisa teratasi dengan tersedia ruang fiskal yang memadai agar TNI bisa segera berbenah dapat segera menggunakan alutsista berteknologi terkini dan mumpuni.
"Keterbatasan itu bahkan sangat mungkin berdampak pada upaya pemeliharaan, perawatan dan kesiapan tempur," ujarnya.
Karena itu, Khairul menilai persoalan alutsista saat ini harus benar-benar menjadi perhatian pemerintah, baik Kementerian Pertahanan dan TNI.
"Saya kira ini bukan hanya masalah TNI AU, atau jajaran Kemenhan dan TNI semata. Pemerintah harus terus diingatkan dan didukung untuk mempertimbangkan porsi anggaran secara proporsional dan disiplin pada prioritas. Jika tidak, cita-cita mulia memperkuat jati diri sebagai negara yang bediri tegak, berwibawa di darat, laut dan udara, akan sulit diwujudkan," ujarnya.
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin pada hari ini juga menekankan perlunya pemeriksaan ulang terhadap alutsista. Pernyataannya itu merujuk kecelakaan dua pesawat tempur Super Tucano milik TNI AU.
"Seluruh peralatan harus kembali dilakukan pemeriksaan, dilakukan penilaian penilaian ulang, apakah masih layak dipakai termasuk pesawat itu supaya nggak terjadi korban," ujar Kiai Ma'ruf dalam keterangannya kepada wartawan di Hotel Aryaduta, Jakarta, Jakarta, Jumat (17/11/2023).
Kiai Ma'ruf juga mengingatkan agar dilakukan persiapan sebelum latihan mulai dari peralatan, kesiapan personel hingga cuaca. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya insiden kecelakaan.
"Saya kira memang kita harus selalu memeriksa ya kalau ada latihan, ada apa itu harus sudah siap, jangan sampai kemudian pesawatnya tidak baik, atau cuacanya tidak baik sehingga bisa menimbulkan korban," ujarnya.