Iran: Israel dan Amerika Berada di Balik Ledakan Bom di Dekat Makam Jendral Soleimani

Sebanyak 95 akibat dua ledakan bom ketika massa peringati wafatny Jendral Garda Revolusi Iran, Qassem Soleiimani

network /Muhammad Subarkah
.
Rep: Muhammad Subarkah Red: Partner
Massa yang memadati makam jenderal Garda Revolusi Qasem Soleimani sebelum terjadi dua ledakan yang mematikan pada selasa (03/01/2024). 95 orang meninggal akibat peledakan bom tersebut.

Iran menyalahkan Israel dan Amerika Serikat pada hari Rabu (04/01/2024) atas dua ledakan bom yang menewaskan sedikitnya 95 orang di selatan negara itu.


Ledakan bom tersebu nghancurkan kerumunan orang yang memperingati empat tahun wafatnya jenderal Garda Revolusi Qasem Soleimani tersebut. Dia meninggal karena empat tahun setelah kematiannya dalam serangan AS.

Seperti dilansir AFP, kedua ledakan tersebut – yang disebut sebagai “serangan teroris” oleh media pemerintah Iran dan otoritas regional – terjadi di tengah tingginya ketegangan di Timur Tengah terkait perang Israel-Hamas di Gaza dan pembunuhan seorang pemimpin senior Hamas di Lebanon pada hari Selasa.


Serangan-serangan yang tidak diklaim tersebut, yang memicu kekhawatiran akan meluasnya konflik di kawasan ini. Efek kejaian buruk ini pun telah mengguncang pasar global, di mana harga minyak melonjak lebih dari tiga persen, dan memicu kecaman global.

"Washington mengatakan AS dan Israel tidak berperan dalam serangan teroris di Kerman, Iran. Benarkah? Seekor rubah akan mencium sarangnya sendiri terlebih dahulu," tulis wakil politik presiden Iran, Mohammad Jamshidi di X, yang sebelumnya bernama Twitter.

"Jangan salah. Tanggung jawab atas kejahatan ini terletak pada AS dan rezim Zionis (Israel) dan terorisme hanyalah sebuah alat," imbuhnya.

Amerika Serikat sebelumnya menolak tuduhan bahwa mereka atau sekutunya, Israel, terlibat, sementara Israel menolak berkomentar.

"Amerika Serikat tidak terlibat dalam hal apa pun... Kami tidak punya alasan untuk percaya bahwa Israel terlibat dalam ledakan ini," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller.

Ditanya tentang ledakan tersebut, juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan: "Kami fokus pada pertempuran dengan Hamas."


Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menyalahkan "musuh jahat dan kriminal" negaranya atas serangan tersebut dan berjanji akan memberikan "tanggapan yang keras".

Presiden Ebrahim Raisi, yang membatalkan kunjungan ke Turki pada hari Kamis, mengutuk kejahatan "keji" tersebut ketika Republik Islam Iran menyatakan hari Kamis sebagai hari berkabung nasional.

Ledakan tersebut, yang berjarak sekitar 15 menit, terjadi di dekat Pemakaman Martir di Masjid Saheb al-Zaman di Kerman, kampung halaman Soleimani di selatan Irab. Kala itu massa para pendukung berkumpul untuk memperingati pembunuhannya dalam serangan pesawat tak berawak AS pada tahun 2020 di Bagdad.

Kantor berita resmi Iran, IRNA, awalnya melaporkan 103 orang tewas sementara televisi pemerintah melaporkan 211 orang terluka, beberapa di antaranya berada dalam kondisi kritis.

Menteri Kesehatan Bahram Eynollahi kemudian merevisi jumlah korban, dengan mengatakan: "Jumlah pasti orang yang tewas dalam insiden teroris adalah 95".

Dia mengatakan alasan angka 103 sebelumnya adalah karena beberapa nama "salah didaftarkan sebanyak dua kali".

Tiga paramedis yang bergegas ke lokasi kejadian setelah ledakan pertama termasuk di antara mereka yang tewas, kata Bulan Sabit Merah Iran.

IRNA mengatakan ledakan pertama terjadi sekitar 700 meter dari makam Soleimani sementara ledakan lainnya berjarak sekitar satu kilometer.

Kantor berita Tasnim, mengutip apa yang disebut sebagai sumber informasi, mengatakan bahwa "dua tas yang membawa bom meledak" dan "pelaku... tampaknya meledakkan bom tersebut dengan kendali jarak jauh".

Rekaman online menunjukkan kerumunan orang yang panik bergegas melarikan diri ketika petugas keamanan menutup area tersebut.


'Kekejaman yang mengejutkan'

Televisi pemerintah menunjukkan para korban yang berlumuran darah tergeletak di tanah dan ambulans. Para petugas penyelamat berlomba dan bekera keras untuk membantu mereka.

“Kami sedang berjalan menuju pemakaman ketika sebuah mobil tiba-tiba berhenti di belakang kami dan sebuah tempat sampah berisi bom meledak,” kata seorang saksi mata seperti dikutip kantor berita ISNA.

“Kami hanya mendengar ledakan dan melihat orang-orang berjatuhan,'' ujar saksi mata lainnya.

Saat malam tiba, massa kembali ke Pemakaman Martir di Kerman sambil meneriakkan: "Matilah Israel" dan "Matilah Amerika".

Di Teheran, ribuan orang berkumpul di Masjid Agung Mosalla untuk memberikan penghormatan kepada Soleimani.

“Kami mengutuk insiden teroris yang pahit hari ini Saya berharap para pelaku kejahatan dapat diidentifikasi dan dihukum atas tindakan mereka,” kata putri Soleimani, Zeinab.

Soleimani dalah pimpin Pasukan Quds, cabang operasi luar negeri dari Korps Pengawal Revolusi Islam, yang mengawasi operasi militer di Timur Tengah.

Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uni Eropa, dan beberapa negara termasuk Arab Saudi, Yordania, Jerman dan Irak mengecam ledakan tersebut.

Sekjen PBB Antonio Guterres “mengutuk keras” ledakan tersebut, kata kantornya, dan Uni Eropa mengatakan: “Tindakan teror ini telah menimbulkan korban jiwa dan cedera pada warga sipil.”

Diplomat utama UE, Josep Borrell, mengatakan bahwa dia berbicara dengan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian untuk "menyampaikan belasungkawa" dan "mengecam keras serangan teroris ini dan menyatakan solidaritas dengan rakyat Iran".


Putin: Pengeboman ini jelas tindakan kekejaman

Presiden Rusia Vladimir Putin menulis kepada Raisi dan Khamenei bahwa "pembunuhan orang-orang damai yang mengunjungi pemakaman itu mengejutkan karena kekejaman dan sinismenya."

Sekutu Iran, Hamas, mengecam "serangan kriminal" tersebut, sementara Kementerian Luar Negeri Saudi di Riyadh menyuarakan "solidaritas dengan Iran dalam peristiwa yang menyakitkan ini".

Ledakan itu terjadi sehari setelah orang nomor dua Hamas Saleh al-Aruri – sekutu Iran – tewas dalam serangan, yang menurut para pejabat Lebanon dilakukan oleh Israel, di pinggiran selatan Beirut yang merupakan kubu kelompok bersenjata Hizbullah yang didukung Iran.

Ledakan bom pada hari Rabu adalah yang paling mematikan di Iran sejak serangan pembakaran Cinema Rex tahun 1978 di kota Abadan di barat daya, yang menewaskan sedikitnya 377 orang, menurut arsip AFP.


Plot sebelumnya

Iran telah lama melancarkan perang bayangan berupa pembunuhan dan sabotase dengan musuh bebuyutannya, Israel. Iran juga memerangi berbagai kelompok jihad dan kelompok militan lainnya.

Pada bulan September, kantor berita Fars melaporkan bahwa seorang "operasi" penting yang berafiliasi dengan kelompok ISIS, yang bertugas melakukan "operasi teroris" di Iran, telah ditangkap di Kerman.

Pada bulan Juli, Kementerian Intelijen Iran mengatakan pihaknya telah membubarkan jaringan “yang terkait dengan organisasi mata-mata Israel” yang merencanakan “operasi teroris” di seluruh Iran. Sumber didapat beriya yang IRNA laporkan.

"Dugaan plot tersebut termasuk “merencanakan ledakan di makam” Soleimani,'' kata sumber tersebut.

Soleimani, yang beberapa tahun lalu dinyatakan Khamenei sebagai "martir hidup". Di Iran secara luas dia dianggap sebagai pahlawan di Iran karena perannya dalam mengalahkan ISIS di Irak dan Suriah.

Selain itu, Soleimani pun sudah lama dipandang sebagai musuh mematikan oleh Amerika Serikat dan sekutunya. Bahlkan bagi Merika dia adalah salah satu pialang kekuasaan paling penting di kawasan ini. Ini karena Soleimani adalah orang yang mengatur agenda politik dan militer Iran di Suriah, Irak, dan Yaman.

sumber : https://algebra.republika.co.id/posts/260350/iran-israel-dan-amerika-berada-di-balik-ledakan-bom-di-dekat-makam-jendral-soleimani
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler