iOS 18 Adalah Pembaruan Perangkat Lunak Terbesar dalam Sejarah iPhone

iOS 18 Adalah Pembaruan Perangkat Lunak Terbesar dalam Sejarah iPhone

network /Impresi Republika
.
Rep: Impresi Republika Red: Partner
Apple akan merombak Siri di iOS 18/Apple

Perubahan besar untuk iPhone akan terjadi pada Siri, iMessage, Apple Music, dan lainnya.


Dalam ulasan iOS 17 Techradar disebutkan bahwa sistem operasi terbaru Apple sebagai "salah satu pembaruan iOS terbaik yang pernah kami lihat selama bertahun-tahun" – tetapi iOS 18 dilaporkan akan mengambil langkah lebih jauh lagi.

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg (melalui MacRumors), iOS 18 bisa menjadi “salah satu pembaruan iOS terbesar – jika bukan yang terbesar – dalam sejarah perusahaan,” dengan karyawan Apple menganggap pembaruan yang akan datang sebagai perubahan besar untuk iPhone.

Apple sendiri telah memberikan bocoran bahwa iOS 18 akan menjadi pembaruan yang “ambisius dan menarik” dengan “fitur dan desain utama yang baru.”

Namun komentar Gurman semakin meningkatkan tingkat kegembiraan atas apa yang diperkirakan akan menjadi terobosan besar pertama Apple dalam bidang AI.

Seperti dilansir Techradar, Apple dilaporkan menghabiskan lebih dari $1 miliar per tahun untuk pengembangan AI.

Gurman mengonfirmasi awal bulan ini bahwa beberapa fitur AI khusus iPhone akan diperkenalkan secara besar-besaran di WWDC 2024.

Siri, Messages, Apple Music, dan Pages diperkirakan akan menerima peningkatan berbasis AI yang signifikan pada tahun 2024, dengan Siri dilaporkan sejalan dengan perubahan gaya ChatGPT.

Memang benar, menurut pembocor serial Revegnus, Apple saat ini menggunakan LLM (model bahasa besar) berpemilik untuk “mengubah Siri sepenuhnya menjadi asisten virtual terbaik.”

Tampaknya, AI tampaknya akan tetap menjadi kata kunci dalam industri teknologi pada tahun 2024.

Pameran Samsung Galaxy Unpacked 2024 baru-baru ini didominasi oleh pengumuman terkait AI untuk lini Samsung Galaxy S24, jadi kami tidak terkejut mendengar bahwa Apple juga akan menjadikan AI sebagai fokus iOS 18 dan pembaruan iPhone di masa mendatang.

Apakah Apple akhirnya menerima pesan tersebut?

Namun iOS 18 bisa menjadi pembaruan perangkat lunak “terbesar” dalam sejarah iPhone karena alasan lain.

Apple telah mengonfirmasi bahwa mereka akan menambahkan dukungan perpesanan RCS ke iPhone pada tahun 2024, dan diperkirakan fitur yang telah lama ditunggu-tunggu ini akan debut di iOS 18 akhir tahun ini.

RCS (atau Rich Communication Services) adalah standar komunikasi yang dirancang untuk meningkatkan komunikasi pesan secara universal di seluruh perangkat seluler.

Intinya, penerapan standar oleh Apple akan secara dramatis meningkatkan pengalaman pengiriman pesan default antara iPhone dan perangkat Android.

Saat ini, fitur-fitur seperti tanda terima telah dibaca, indikator pengetikan, foto dan video beresolusi lebih tinggi, dan perpesanan Wi-Fi terbatas pada percakapan iPhone-ke-iPhone (atau percakapan Android-ke-Android), tetapi iOS 18 akhirnya dapat menjadikan keseimbangan menjadi ramah lingkungan.

Namun RCS tidak akan menggantikan iMessage dan fitur eksklusif iPhone-nya.

“Kami yakin Profil Universal RCS akan menawarkan pengalaman interoperabilitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan SMS atau MMS,” kata Apple kepada kami tahun lalu, “tetapi ini akan bekerja bersama iMessage, yang akan terus menjadi pengalaman perpesanan terbaik dan teraman bagi pengguna Apple.”

Adapun ketika kita mengharapkan iOS 18 – dan juga fitur AI Apple serta dukungan RCS – akan segera diluncurkan, kemungkinan besar iOS 18 beta pertama akan muncul setelah WWDC pada Juni 2024.

iOS 18 kemungkinan akan menyusul pada bulan September, dengan rilis penuhnya bertepatan dengan lini iPhone 16.

Apple akan merombak Siri di iOS 18 (Kredit gambar: Apple)

sumber : https://impresiupdate.id/posts/283353/ios-18-adalah-pembaruan-perangkat-lunak-terbesar-dalam-sejarah-iphone
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler