Ini Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan Selama Libur Panjang
Berikut langkah pengajuan klaim asuransi kendaraan melalui BRI Insurance.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Libur panjang banyak dihabiskan oleh masyarakat untuk bepergian. Namun, risiko berkendara tetap ada seperti mobil mogok serta insiden yang melibatkan body kendaraan. Penting bagi pengendara menyiapkan asuransi selama perjalanan.
BRI Insurance memberikan kemudahan bagi pemilik kendaraan untuk melakukan klaim. Di mana pun berada, klaim dapat dilakukan melalui aplikasi BRINSMobile. Meskipun mudah dalam mengurus klaim asuransi, tetap ada hal yang wajib diperhatikan agar proses pengajuan berjalan lancar.
Kondisi ini penting dipastikan agar pengajuan klaim kendaraan kamu dapat ditangani secara cepat sampai mobil diperbaiki dan kembali mulus sesuai harapan.
1. Cek Masa Berlaku Asuransi Mobil
Pastikan polis asuransi masih aktif, jangan sampai masanya sudah habis sehingga kendaraan tidak tercover. Lakukan juga pengecekan jenis asuransi yang digunakan. Hal ini biasanya tergantung dari jenis polis yang dipilih saat melakukan penutupan Asuransi Kendaraan.
2. Siapkan Dokumen Pendukung Klaim
Siapkan syarat atau dokumen pendukung klaim asuransi secara online maupun offline. Biasanya berupa Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang juga tidak mati.
Siapkan pula surat keterangan dari pihak berwenang seperti kepolisian atau pengelola jalan tol untuk memperkuat klaim asuransi. Dokumen resmi yang bermasalah (mati) bisa mengakibatkan klaim kamu ditolak. Apabila melakukan lapor klaim pada layanan asuransi via online, persiapkan dokumen tersebut dengan melakukan scan atau foto dokumen sesuai kebutuhan dan syarat klaim.
Segera lapor klaim lewat....
3. Segera Lakukan Lapor Klaim lewat Aplikasi
Bila semua syarat sudah lengkap dan asuransi masih aktif, segara buat laporan di fitur lapor klaim yang tersedia pada aplikasi BRINSMobile dan layanan dapay diakses 24/7. Petugas akan segera merespons 1x24 jam hingga laporan sudah diterima dan mendapat persetujuan sampai perbaikan kendaraan kamu sudah ditangani oleh pihak bengkel.
4. Monitoring Proses Klaim Secara Online
Dalam proses perbaikan mobil di bengkel rekanan asuransi, pantau proses klaim secara online. Memonitoring proses klaim dapat dilakukan dengan sangat mudah yaitu dapat di akses melalui aplikasi BRINSMobile, pilih sub menu claim untuk memasukan nomer tiket lapor klaim serta nomer plat kendaraan, lalu akan muncul nomOr polis kendaraan tertanggung yang sudah dilaporkan, selanjutnya kamu dapat melakukan monitoring proses klaim kendaraan atas nomor polis kendaraan lewat handphone.
Selain lewat aplikasi BRINSmobile fitur lapor klaim dan claim tracking juga dapat diakses melalui beberapa channel layanan di antarany WhatsApp di 08118014081, contact center 14081 dan website www.brins.co.id.
5. Serah Terima Mobil
Setelah selesai diperbaiki, kamu akan dihubungi oleh pihak asuransi untuk serah terima kendaraan. Lakukan inspeksi dahulu untuk memastikan kondisinya sudah prima. Jika sudah tidak ada masalah, kamu bisa menandatangani berkas serah terima kendaraan.