Warga Keluhkan Beberapa Layanan Publik, Pj Bupati Bogor Lakukan Evaluasi
Disdukcapil perlu meningkatan layanan seperti ruang tunggu
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--- Penjabat (Pj) Bupati Bogor Asmawa Tosepu mengevaluasi sejumlah layanan publik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Hal tersebut dilakukan, setelah dirinya menerima beberapa keluhan dari warga.
Asmawa mengatakan, keluhan yang diterima umumnya mengarah pada sarana dan prasarana penunjang layanan yang belum mumpuni. "Ada beberapa masukan seperti di Disdukcapil itu perlu peningkatan layanan seperti ruang tunggu, bahkan di Puskesmas Cibinong juga seperti itu, dan sudah menjadi perhatian kami," ujar Asmawa.
Selain itu ia juga menerima keluhan mengenai kurangnya sosialisasi mengenai penerapan sistem digital yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor. "Sistem digital, orang-orang tua kita tidak familiar dengan itu, sehingga perlu ada petugas yang mendampingi terkait pengisian aplikasi yang ada di OPD Dukcapil," ujar Asmawa, Rabu (17/4/2024).
Asmawa memastikan Pemkab Bogor segera memperbaiki fasilitas penunjang layanan di Disdukcapil maupun di lokasi pelayanan publik lainnya. Salah satunya dengan melengkapi fasilitas penunjang berupa pendingin dalam ruang (AC) atau kipas angin agar masyarakat nyaman.
Sebelumnya Asmawa melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah lokasi pelayanan publik Pemkab Bogor, pada hari pertama kerja usai libur Lebaran 2024. Asmawa didampingi beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengunjungi empat lokasi pada Selasa yaitu Kantor Disdukcapil, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda), serta dua layanan kesehatan yakni Puskesmas Cibinong dan Cimandala.
Ia menyebutkan hasil peninjauan menunjukkan tingkat kehadiran petugas pada beberapa OPD yang berfungsi memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat di atas 95 persen. "Tingkat kehadiran petugas itu di atas 95 persen, bahkan di Bappenda itu di atas 99 persen kecuali yang cuti dua orang. Di puskesmas Cibinong tadi 100 persen. Kemudian di Disdukcapil juga di atas 95 persen," katanya.
Asmawa menganggap kondisi tersebut menunjukkan bahwa pelayanan publik berjalan baik meski dalam situasi pasca-libur Lebaran.