Momen Selebrasi Pemain Timnas U-23 di Ruang Ganti hingga Tekad Juara Piala Asia

Ernando memang menjadi inspirasi kemenangan timnas Indonesia di babak adu penalti.

Dok AFC
Penjaga gawang Timnas U-23 Indonesia Ernando Ari menepis tendangan penalti pemain Timnas U-23 Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) dini hari. Indonesia melaju ke semifinal Piala Asia U23 setelah mengalahkan Korea Selatan lewat babak adu penalti.
Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir bergegas menuju ruang ganti untuk memberikan apresiasi kepada timnas Indonesia U-23. Timnas Indonesia U-23 sukses mengamankan tiket ke babak semifinal.

Timnas Indonesia U-23 menumbangkan Korea Selatan secara dramatis melalui kemenangan adu penalti 11-10 setelah imbang 2-2 di waktu normal dan babak perpanjangan waktu, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Baca Juga



Sebelum bertemu dengan pemain, Erick menyalami dan memeluk pelatih Shin Tae-yong yang berdiri di ambang pintu. Ia kemudian melakukan selebrasi dengan para pemain yang bersorak-sorai gembira. Erick lalu menanyakan kepada para pemain apakah mereka sudah lelah setelah kemenangan tersebut atau masih mau berjuang lebih jauh lagi.

"Capek?" tanya Erick kepada para pemain dalam video yang diunggah di akun Instagram Erick Thohir, Jumat (26/4/2024).

"Tidak!" jawab mereka.

Erick lalu meminta anak asuh Shin Tae-yong itu...

Erick lalu meminta anak asuh Shin Tae-yong itu untuk berjuang meraih satu kali kemenangan lagi untuk melaju ke final demi memastikan tempat di Olimpiade Paris 2024. Namun, salah satu pemain justru dengan tegas menjawab mereka ingin dua kemenangan lagi, yang artinya bukan hanya ke final tapi menjadi juara Piala Asia U-23 2024.

"Satu kali lagi," kata Erick.

"Dua kali lagi," jawab para pemain.

Erick lalu meminta para pemain untuk mendengarkannya. "Fokus, satu gim (kemenangan) lagi sudah kunci ke Olimpiade. Kalau dua gim, kita juaranya," kata Erick. "Ayooo," jawab para pemain.



Erick kemudian menghampiri Ernando untuk memberikan selamat. Kiper itu memang menjadi inspirasi kemenangan timnas Indonesia di babak adu penalti dengan menepis dua tendangan, dari Kang Sang-yoon dan Kang-hee Lee. Namun, ia sempat menolak karena merasa semua pemain berhak mendapatkan apresiasi.

"Semua pak, semua (diberikan selamat)," kata Ernando.

"Ayo (kamu dulu)," kata Erick yang kemudian berkeliling menyalami pemain satu per satu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler