PKS Gelar Halal Bihalal, Siapkan Karpet Merah Prabowo Malah tak Datang 

Menurut Sekjen PKS, Prabowo akan hadir diwakili Ahmad Muzani.

dok pribadi
Presiden DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu.
Rep: Eva Rianti Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar acara halal bihalal di kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (27/4/2024), dengan menghadirkan karpet merah untuk para tamu undangan. Sayangnya, Presiden Terpilih Prabowo Subianto yang turut diundang ternyata absen.


"Alhamdulillah hari ini PKS melaksanakan halal bihalal dan sangat spesial karena pertama kita sekaligus melaksanakan millad yang ke-22. Tentu dalam suasana penuh kebahagiaan ini kita ingin merangkul seluruh elemen bangsa oleh karena itu dalam kesempatan ini seluruh partai-partai pimpinan partai politik kita undang, ormas-ormas dan mudah mudahan jadi bagian dari upaya kita membangun negeri ke depan," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu kepada wartawan di lokasi, Sabtu. 

Baca: Hadiri Ulang Tahun ke-65 Titiek Soeharto, Prabowo Dapat Cipika-Cipiki

Syaikhu mengatakan, sejumlah pimpinan partai politik hadir dalam acara halal bihalal tersebut. Di antaranya Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (Plt PPP) Mardiono, Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh. 

Paslon 01 yang diusung Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar juga terkonfirmasi akan hadir. Sementara itu, Syaikhu mengonfirmasi bahwa Presiden terpilih Prabowo Subianto turut diundang. "Pak Prabowo enggak bisa hadir karena dia ada acara," ujarnya. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKS Habib Aboe Alhabsyi menambahkan, Prabowo diwakilkan oleh Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani. Hal itu sudah dikonfirmasi langsung Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Baca: Prabowo Terhormat Diberi Ucapan Selamat oleh Presiden Erdogan

"Kita mengundang semua termasuk capres dan cawapres 01, 02, 03, tapi Pak Prabowo sudah menyatakan ada acara di rumahnya dari keluarga besarnya jadi dia minta izin. Kemungkinan kata Pak Dasco kemungkinan yang dikirim Pak Muzani," tuturnya.

Selain absennya Prabowo, Aboe menyebut, paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga tidak hadir dalam acara tersebut. "Pak Ganjar sudah menyatakan ada acara, Pak Mahfud tidak menjawab tetapi sudah menerima," ujar anggota Komisi III DPR tersebut.

Aboe berharap, acara halal bihalal merupakan silaturahim sekaligus rekonsiliasi usai keputusan KPU RI yang menyatakan Prabowo-Gibran menjadi presiden dan wakil presiden RI 2024--2029. "Pertemuan saat ini kita membuat suasana harmonis, romantis, dan suasana kekeluargaan. Prabowo bukan tidak mau datang bukan, karena berbenturan acara yang sama," ujarnya. 

Baca: Bertemu Menhan Prabowo, KSAU Bahas Isu Pertahanan Udara

Acara halal bihalal PKS pertama kali disampaikan oleh Sekjen PKS Habib Aboe saat bersilaturahim ke DPP PKB pasda Kamis (25/4/2024). Aboe menyebut pihaknya mengundang semua pihak, terutama Presiden terpilih Prabowo Subianto. Aboe menyampaikan pihaknya akan menyambutnya dengan penuh takzim.

"Moga-moga kalau Pak Prabowo datang kami juga akan kasihkan karpet merah sebagai presiden pemenang, kita akan sambut," ujar Aboe, Kamis. 

Aboe menuturkan, acara halal bihalal tersebut akan didesain dengan suasana hangat dan romantis. Dia berharap, tercipta langkah rekonsiliasi untuk bekerjasama dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik ke depan.

Baca: Eks TGUPP Soroti Nama Pj Heru Budi Hartono Tercantum di KJP

"Kita undang seluruh partai berharap ada suasana rekonsiliasi yang baik, sehingga ke depan mari kita kerja sama memikirkan nasib NKRI lima tahun ke depan lebih baik lagi," tutur Aboe.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler