PNM Tanam 10 Ribu Mangrove di Mangrove Park Lampulo

Penanaman mangrove merupakan bagian komitmen perusahaan untuk menjaga lingkungan.

Foto : MgRol_93
PNM menanam sebanyak 10 ribu bibit mangrove melalui program CSR di Mangrove Park Lampulo. (ilustrasi)
Red: Gita Amanda

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menanam sebanyak 10 ribu bibit mangrove melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di Mangrove Park Lampulo, kawasan pelabuhan perikanan samudera (PPS) Kutaraja Banda Aceh.

Baca Juga


“Penanaman mangrove ini merupakan bagian komitmen perusahaan untuk menjaga lingkungan dan program keberlanjutan. Di mana mangrove memberikan manfaat yang besar untuk kehidupan masyarakat,” kata Pemimpin PT PNM Cabang Aceh Muhammad Wazir di Banda Aceh, Sabtu.

Wazir di sela-sela penanaman mangrove secara simbolis di Mangrove Park Lampulo menjelaskan, perusahaan tersebut tidak hanya fokus pada bisnis, tapi juga memiliki tanggung jawab sosial, salah satunya program keberlanjutan melalui penanaman mangrove.

“Mangrove bukan hanya isu lokal, tapi sudah menjadi isu global, di mana mangrove selain menyimpan karbon juga dapat mencegah abrasi, dan juga bagian mitigasi bencana untuk daerah pesisir,” katanya.

Ia mengatakan, penanaman mangrove tersebut menjadi salah satu program keberlanjutan yang akan dilakukan perusahaan plat merah tersebut, karena akan menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Artinya, Mangrove Park Lampulo akan tumbuh sebagai destinasi wisata nantinya, sehingga menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat seiring geliat kunjungan masyarakat untuk berwisata mangrove di Banda Aceh,” katanya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Aliman memberikan apresiasi terhadap program penanaman mangrove yang dijalankan PT PNM di Mangrove Park Lampulo, kawasan pelabuhan perikanan samudera Kutaraja Banda Aceh itu.

Ia mengatakan, kehadiran Mangrove Park Lampulo tersebut bukan sekadar tempat untuk menanam, tapi juga sebagai sarana edukasi bagi masyarakat akan pentingnya untuk menjaga lingkungan. “Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian lingkungan di mana mangrove telah menjadi isu secara global,” katanya.

Ia menyebutkan, total luas lahan Mangrove Park Lampulo seluas delapan hektare dari total lahan PPS Kutaraja seluas 51 hektare.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler