PDIP Siapkan Tiga Menteri Maju Pilgub Jakarta, Termasuk Basuki

Hasto menyebut, PDIP menyiapkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono maju di Jakarta.

Republika/Febrianto Adi Saputro
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.
Rep: Antara Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya sudah menyiapkan tiga kader yang menjadi menteri pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Dia mengatakan, tiga nama itu beredar dalam bursa calon gubernur (cagub) Jakarta.

Baca Juga


Sebagai partai politik, kata Hasto, PDIP siap mendorong dan memberikan kesempatan sebagai langkah kaderisasi secara sistemik. "Proses kaderisasi telah dilakukan, sejak awal kita telah meng-gromming kader-kader PDIP untuk dipersiapkan sebagai calon kepala daerah," kata Hasto saat menghadiri Festival Bulan Bung Karno di Jakarta, Ahad (30/6/2024).

Dia menyebut tiga nama menteri yang disiapkan adalah Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas.

Menurut Hasto, penyodoran nama-nama kader internal dalam kontestasi demokrasi dilakukan PDIP sebagai cara untuk menjaga eksistensi partai dalam mengarungi konstelasi politik di Indonesia. Selain itu, gagasan PDIP soal konsep pembangunan semesta berencana menuju Indonesia Raya, bisa berjalan pasti jika kepala daerah atau wakil kepala daerah diisi oleh kader PDIP.

"Meskipun demikian, kerja sama dengan partai politik lain dilakukan dengan melihat aspek-aspek peta politik yang khas di daerah," kata Hasto.

Selain tiga nama menteri tersebut, menurut Hasto, ada sosok kader PDIP lainnya yang disiapkan untuk Pilgub Jakarta, yakni mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan anggota DPR RI Eriko Sotarduga. Hasto mengatakan, PDIP tidak kekurangan stok kader yang siap untuk dicalonkan.

Pada saat yang bersamaan, menurut Hasto, PDIP terbuka dengan partai politik manapun untuk melakukan komunikasi soal Pilkada Serentak 2024, termasuk Pilgub Jakarta.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler