Tiga Hal yang Diharasiakan Allah, Termasuk soal Wali

Allah merahasiakan tiga hal dalam tiga hal juga.

Republika.co.id
Infografis 5 Pertanyaan yang akan Ditanyakan pada Hari Kiamat. Ilustrasi Allah
Red: Muhammad Hafil

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Hadratussyekh KH Hasyim Asyari, salah satu ulama besar Nusantara, dalam kitab Adab al Alim wa al Mutaalim menyebutkan bahwa Allah itu merahasiakan tiga hal dalam tiga juga.

Baca Juga


"Yaitu, Allah merahasiakan para wali pada hamba-hambaNya, Allah merahasiakan ridho-Nya pada yang taat padaNya, dan Allah merahasiakan murkaNya pada yang maksiat padaNya," tulis KH Hasyim Asyari.

KH Hasyim Asyari melanjutkan, termasuk akhlak yang diridhoi Allah adalah memperbanyak taubat, ikhlas, yakin, takwa kepada Allah, penyabar, ridho, qanaah, zuhud, tawakal kepada Allah, mempunyai hati yang baik, berprasangka baik, suka memaafkan kesalahan orang lain, budi pekerti yang baik, selalu melihat hal-hal haik. 

Kemudian, mensyukuri nikmat Allah, kasih sayang kepada makhluk Allah, takut kepada Allah, berharap kepada Allah.

"Sedangkan puncaknya adalah mahabbah, mencintai Allah yang merupakan pekerti yang mampu menyatukan semua sifatnya di atas," tulis KH Hasyim Asyari.

Menurut KH Hasyim Asyari, cinta kepada Allah ini kemudian akan diikuti dengan cara mengikuti Nabi Muhammad SAW. Ini seperti firman Allah:

قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِى يُحْبِبْكُمُ ٱللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Qul ing kuntum tuḥibbụnallāha fattabi'ụnī yuḥbibkumullāhu wa yagfir lakum żunụbakum, wallāhu gafụrur raḥīm

Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler