Jangan Tidur Seusai Shalat Subuh, Ini Alasannya

Rasulullah SAW mengingatkan, tidur pagi itu menghalangi datangnya rezeki.

REPUBLIKA/Prayogi
ILUSTRASI Suasana pagi hari di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.
Red: Hasanul Rizqa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Waktu pagi adalah saat-saat yang sangat diberkahi Allah SWT. Oleh karena itu, seorang Muslim diajarkan agar tidak tidur pada pagi hari atau usai mendirikan shalat subuh. Yang dianjurkan adalah melakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat.

Baca Juga


Pada pagi hari, Allah Ta'ala menurunkan banyak keberkahan bagi hamba-hamba-Nya. Bila mau untuk bergerak atau melakukan kegiatan yang bermanfaat, maka hamba tersebut insya Allah akan memperoleh keberkahan. Adapun orang yang tidur pada pagi hari, maka besar kemungkinan akan mengalami seretnya rezeki.

Dalam arti, bisa jadi orang tersebut kehilangan kesempatan dalam memperoleh keuntungan dari pekerjaannya. Ia juga bisa mengalami penurunan kesehatan.

Sebagai misal, orang yang memilih tidur pada pagi hari tidak akan memperoleh udara segar. Dirinya juga tak merasakan pancaran sinar matahari pagi yang menyehatkan.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tidur pagi itu menghalangi datangnya rezeki" (HR Ahmad dan Baihaqi).

Rasulullah SAW juga mendoakan orang-orang yang mau berkegiatan pada pagi hari. Dalam melancarkan serangan melawan musuh, beliau pun cenderung melakukannya pada pagi.

Terbukti, itu membuat pasukan Muslim meraih kemenangan. Karena pada waktu pagi, tubuh mereka masih segar bugar. Kekuatan dan stamina pun masih prima.

Sementara, musuh yakni orang-orang kafir yang agresor memiliki kebiasaan bangun siang hari. Mereka ini cenderung lengah lantaran tidak memiliki kesiapan sejak pagi.

Rasulullah SAW bersabda, “Ya Allah, berkahilah untuk umatku dalam kegiatan paginya" (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Dinukil dari kitab Zad al-Ma’ad, sahabat Nabi, Ibnu Abbas, pernah mendapati salah satu anaknya tidur di pagi hari. Ia pun segera membangunkannya seraya berkata, “Bangun! Tidak pantas engkau tidur di saat rezeki sedang dibagi-bagikan Allah.”

Dikutip dari buku 20 Amalan Pelancar Rezeki Dalam Berbisnis yang ditulis oleh Abu Ibrahim, Islam mengajarkan bahwa keberkahan pada waktu pagi amat besar. Sebagai Muslim, kita hendaknya membiasakan diri bangun pagi, tidak lagi tidur setelah shalat shubuh.

Berikut beberapa kebiasaan yang harus dihindari pada waktu pagi: tidur karena begadang semalam sebelumnya, melalaikan shalat shubuh hingga matahari sudah meninggi, dan kembali tidur setelah shalat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler