Terungkap, Dua Ayat Alquran yang Membuat Youtuber Speed Menjadi Tenang

Speed mendengar ayat tentang orang kafir ketika di akhirat menginginkan jadi Muslim.

Dok. Youtube IShowSpeed
YouTuber IShowSpeed mencoba nasi padang saat mengunjungi kawasan wisata Kota Tua, Jakarta, pada Rabu (18/9/2024).
Red: A.Syalaby Ichsan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Streamer asal Amerika Serikat Darren Jason Watkins sedang mengunjungi Indonesia, usai sebelumnya menyambangi Malaysia pada awal September lalu. Pesohor online yang memiliki channel Youtube iShowSpeed ini mengunjungi kawasan Kota Tua, pada Rabu (18/9/2024).

Baca Juga


Speed dikenal dengan konten-konten gim yang menarik perhatian. Dia pun tidak alergi terhadap konten bernuansa religi. Salah satunya, yakni ketertarikan Speed terhadap Alquran. Dalam salah satu konten yang diunggah pada 2023 lalu, tampak bagaimana Speed padaawalnya frustrasi saat kalah ketika memainkan game Rocket League.  Dia juga sempat berteriak-teriak karena kekalahannya tersebut.


Untuk meredam emosinya, Speed lantas mengarahkan kursornya dengan bunyi suara Alquran. Dia kembali mengumpat ketika yang terdengar justru suara terjemahan Alquran dalam bahasa Inggris. Setelah mengarahkan kembali kursornya, Speed kemudian mendapatkan suara asli Alquran dalam bahasa Arab. Dia pun tampak tenang setelah mendengarkan suara murotal yang merupakan QS Al-Hijr ayat 1-2. Berikut ayatnya:

الۤرٰ ۗتِلْكَ اٰيٰتُ الْكِتٰبِ وَقُرْاٰنٍ مُّبِيْنٍ ۔

Alif lām rā, tilka āyātul-kitābi wa qur'ānim mubīn(in).

Alif Lām Rā. Itulah ayat-ayat Kitab, yaitu (ayat-ayat) Al-Qur’an yang memberi penjelasan.

 

رُبَمَا يَوَدُّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَوْ كَانُوْا مُسْلِمِيْنَ

Rubamā yawaddul-lażīna kafarū lau kānū muslimīn(a).

Orang-orang yang kufur itu sering kali (nanti di akhirat) menginginkan, sekiranya mereka dahulu (di dunia) menjadi orang-orang muslim.

 

Tafsir orang kafir yang ingin menjadi Muslim..

Dilansir dari tafsirweb yang mengutip tafsir singkat ibnu katsir menjelaskan,  pembahasan tentang huruf-huruf hijaiyyah (alif lam ra) ini telah dijelaskan di permulaan surah-surah. Firman Allah SWT: (Orang-orang yang kafir itu sering kali (nanti di akhirat) meng­inginkan) pemberitahuan tentang mereka bahwa mereka akan menyesali kekafiran mereka, dan mereka hanya bisa berharap seandainya mereka menjadi orang-orang muslim di dunia.

Dikatakan, bahwa yang dimaksud adalah setiap orang kafir ketika didatangkan kepadanya hal itu maka dia menginginkan seandainya dia menjadi orang mukmin sebelumnya.

Dikatakan juga, bahwa ini adalah pemberitahuan tentang hari kiamat, sebagaimana firman-Nya: (Dan jika kamu (Muhammad) melihat ketika mereka dihadap­kan ke neraka, lalu mereka berkata, "Kiranya kami dikembali­kan (ke dunia) dan tidak mendustakan ayat-ayat Tuhan kami, serta menjadi orang-orang yang beriman" (27)) (Surah Al-An'am).

Infografis fakta unik Alquran - (Republika )

Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud tentang firman-Nya (Orang kafir itu kadang-kadang (nanti di akhirat) menginginkan, sekiranya mereka dahulu (di dunia) menjadi orang Muslim (2)) dia berkata bahwa ini tentang penghuni neraka Jahanam ketika mereka melihat teman-teman mereka keluar dari neraka.

Firman Allah: (Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang) ancaman dan peringatan keras, sebagaimana firmanNya: (Katakanlah, "Bersenang-senanglah kalian, karena sesungguhnya tempat kembali kalian ialah neraka”) (Surah Ibrahim: 30)

Firman Allah ("Makanlah dan bersenang-senanglah kalian (di dunia dalam waktu) yang pendek, sesung­guhnya kalian adalah orang-orang yang berdosa” (46))(Surah Al-Mursalat) Oleh karena itu Allah berfirman (dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong)) yaitu dari bertaubat dan kembali (maka kelak mereka akan mengetahui) yaitu akibat perbuatan mereka.

 

Speed dan polemik batik di Malaysia.. 


Sebelum ke Indonesia, Speed terlebih dahulu singgah di Malaysia. Dilansir dari Channel Youtube-nya IShowSpeed yang sudah memiliki  31 juta subscriber, Speed mendapatkan hadiah beberapa potong baju dari seorang warga saat berjalan-jalan di Malaysia. Warga itu mengetuk pintu mobil Watkins dan mengatakan, hadiah tersebut merupakan baju tradisional asal Malaysia, batik.

I got a gift for you, i got a give for you. This is Malaysia traditional wear, Batik batik. You must wear, you must wear. You know batik,”ujar warga Malaysia tersebut dalam bahasa Inggris.


Setelah meminta untuk berfoto bersama Youtuber yang akrab disapa Speed tersebut, warga Malaysia itu kemudian pergi menjauhi mobil youtuber populer itu. Speed akhirnya mengenakan salah satu baju hadiah tersebut dan membuka jendela mobil dan menunjukkan kepada warga Malaysia yang lalu lalang di sepanjang jalan.

Speed kemudian melakukan pencarian internet mengenai apa itu batik di handphonenya. “Batik its from Indonesia. Wait it is Indonesia or Malaysia? Why they said it from Malaysia?"

Speed kemudian bertanya kepada sopirnya. Sopir pun menjawab, “This is from Malaysia, Malaysian Batik,”ujar sopir tersebut.

Setelah melakukan pencarian kembali lewat telepon selulernya, Speed kemudian kembali mendapatkan keterangan jika batik merupakan pakaian tradisional Malaysia. Dia pun mengatakan kepada sopirnya jika dia tidak yakin darimana sebenarnya batik tersebut berasal.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler