7 Jasad di Kali Bekasi, Kesaksian R Ungkap Detik-Detik Davi Tenggelam, Berawal dari 'Dor'

Kakak Davi menepis kabar adiknya terlibat tawuran.

ANTARA FOTO/Rezas Ale
Sejumlah polisi memeriksa kantong-kantong berisi tujuh jenazah laki laki yang ditemukan mengambang di Kali Bekasi, Pondok Gede Permai, Jatiasih, Kota Bekasi, Ahad (22/9/2024). Kepolisian masih menyelidiki penyebab kematian tujuh orang tersebut.
Rep: Rizky Suryarandika Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahmad Davi disebut sebagai sosok anak rumahan meski tak sekolah. Keluarga Davi menyebut remaja berusia 16 tahun itu sering menghabiskan waktu di rumah. Hal ini disampaikan oleh Kakak dari Davi yaitu Yanti.

Baca Juga


Yanti dan anggota keluarga Davi yang lain masih bertahan di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur untuk menemukan kabar David. Yanti menduga adiknya merupakan salah satu jenazah yang kemarin ditemukan di Sungai Bekasi.

Yanti membantah adiknya ikut tawuran, melainkan hanya diajak makan-makan oleh teman-temannya. Yanti menyebut adiknya hanya bergaul dengan anak-anak seumurannya di rumah.

"Dia mah orang rumahan, kan dia nggak sekolah. Jadi kalau orang sekolah dia tidur di rumah main HP," kata Yanti saat ditemui di RS Polri, Senin (23/9/2024).

Yanti menyebut dari kesaksian R, teman Davi, kejadian awalnya ketika mereka ketakutan saat mendengar suara tembakan dari polisi.

R mengaku tembakan itu mungkin hanya untuk menakut-nakuti, tapi menyebabkan kepanikan di antara mereka. Alhasil, Davi dan beberapa temannya melompat ke kali untuk menghindar. R berhasil selamat karena dia bisa berenang.

"Ada tembakan sekali gitu. Ya maksudnya mungkin nakut-nakutin gitu. Jadi merekatuh pada takut lompatnya ke Kali," ujar Yanti menirukan kesaksian R. 

Yanti menyebut Davi sebenarnya dapat berenang. Tapi Yanti menduga adiknya terjerat lumpur di sungai. Apalagi R melihat David berusaha bertahan.

Sayang R tidak mampu menolongnya karena jarak yang cukup jauh. R sempat melihat Davi tenggelam, tetapi karena situasi panik, dia tidak dapat memberikan bantuan. 

 

 

"Ngelihat katanya, dia lihat Davi enggap-enggapan, tapikan jauh jaraknya gabisa dibantuin," ujar Yanti. 

Dari kesaksian R kepadanya, R sempat melihat Davi tenggelam. Namun lantaran situasi panik, R tidak dapat memberikan bantuan.  "Dia ngelihat tenggelemnya, wong sama sama ini (panik) kan ya," ujar Yanti. 

Sebelumnya, kabar penemuan mayat ini dibagikan oleh akun media sosial X dengan nama @txtdrbekasi. Dalam unggahan itu, disebutkan bahwa polisi dan warga menemukan tujuh jenazah yang mengapung di aliran Kali Bekasi, kawasan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat. Unggahan tersebut disertai dengan video yang menampilkan kondisi mayat bercampur lumpur yang mengapung di sungai. 

Dari penyelidikan awal polisi disebutkan tujuh remaja itu mulanya kabur dari razia tawuran. Mereka yang kabur ke sungai malah akhirnya meregang nyawa. Polisi sudah meringkus 15 orang atas peristiwa ini dan menetapkan tiga tersangka karena membawa senjata tajam (sajam).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler