Poltracking: Approval Rating Jokowi di Jateng 86,5 Persen

Isu negatif putusan MK dan akun Fufufafa tak membuat kepuasan publik ke Jokowi turun.

Antara
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tingkat kepuasan publik atau approval rating terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sangat tinggi. Dalam temuan terbaru Poltracking Indonesia menyebut, angka kepuasan bahkan di angka 86,5 persen.

Baca Juga


Temuan Poltracking Indonesia menandakan approval rating terhadap Jokowi tak terpengaruh dengan beragam isu dan sentimen negatif. Tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi tetap tinggi.

"Sebanyak (86,5 persen) publik mengatakan puas (gabungan sangat puas dan cukup puas) terhadap kinerja Presiden Joko Widodo," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dikutip di Jakarta, Kamis (25/9/2024).

Survei Poltracking diadakan pada 8-14 September 2024. Metode survei adalah wawancara tatap muka multistage random sampling kepada 1.200 responden di Jateng dengan rentan usia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Adapun tingkat kepercayaan survei ini adalah 95 persen dengan margin of error 2,9 persen.

Saat ini, menjelang akhir masa jabatannya, Jokowi kerap diterpa isu negatif, seperti demonstrasi pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait RUU Pilkada. Selain terkait hal tersebut, diketahui belakangan juga isu negatif yang berasal dari akun media sosial “Fufufafa” yang dinilai berdampak buruk terhadap approval rating Jokowi.

Namun, dalam temuan terbaru Poltracking Indonesia, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi, terutama di Jateng, masih tinggi. Angkanya bahkan mencapai 86,5 persen.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler