8 Tokoh Ini Berpeluang Jabat Menteri Bidang Hukum Pemerintahan Prabowo-Gibran

Kandidasi kabinet khususnya di bidang hukum harus secara selektif

Antara
Presiden terpilih Prabowo Subianto, wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.
Rep: Rizky Suryarandika Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Belakang ini publik heboh dengan para kandidat-kandidat yang akan masuk kedalam kabinet Pemerinratahan Prabowo-Gibran. Mulai dari kalangan artis, profesional, politisi, birokrat, dan ketua umum partai politik digadang-gadang masuk dalam kabinet Prabowo-Gibran. 

Baca Juga


Selain itu, heboh dengan adanya Zaken kabinet adalah kabinet para ahli. Kabinet tersebut pernah terjadi di era Sukarno, yakni masa Demokrasi Liberal. Yang cukup terkenal adalah masa Kabinet Djuanda (1957-1959).

Ketua Gerakan Tegakkan Hukum & Konstitusi, Hafidz Ilfas menyampaikan bahwa dalam kandidasi kabinet khususnya di bidang hukum harus secara selektif. Sebab Indonesia adalah negara hukum sehingga tokoh-tokoh di dalam kabinet yang memegang peranan hukum haruslah bersih dan terpercaya. 

"Jika dilihat memang kurang lebih ada 8 tokoh yang kemungkinan besar masuk dalam kabinet ataupun berperan aktif dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran," kata Hafidz dalam keterangannya pada Kamis (26/9/2024). 

Seperti yang diketahui ada beberapa nama tokoh bidang hukum yang beredar di masyarakat yaitu:

- Prof Dr Yusril Ihza Mahendra, SH, LLM

- Prof Dr H Jimly Asshiddiqie, SH, MH

- Prof Dr Otto Hasibuan, SH, MM  

- Prof Dr Otto Cornelis Kaligis, SH, MHum, LLM

- Dr Radian Syam, SH, MH

- Dr Fahri Bachmid, SH, MH 

- Dr Hotman Paris Hutapea, SH, LLM, MHum

- Dr Margarito Kamis, SH, MHum

"Nama-nama di atas adalah tokoh-tokoh hukum yang punya rekam jejak yang tinggi, ada mantan Ketua MK, ada mantan Menkumham, ada akademisi yang pakar di bidang Hukum Tata Negara yakni Radian Syam, ada pengacara top indonesia, ada yang baru menjabat ketum partai bang Fahri Bachmid, dan ada pakar hukum tata negara Margarito Kamis," ujar Hafidz.

BACA JUGA: Israel Tebar Selebaran Berbahasa Arab untuk Warga Lebanon, Begini Isinya

Walau demikian, Hafidz menyebut masih banyak tokoh hukum yang ada dan berpeluang masuk ke dalam pemerintahan.

"Akan tetapi kita harus lihat rekam jejak dan kredibilitasnya dalam menjalankan profesi hukum maupun ketika menjadi akademisi hukum," ujar Hafidz. 

Diketahui, Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka bakal dilantik jadi presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024. Sedangkan susunan kabinetnya akan diumumkan pada 21 Oktober 2024 atau sehari setelah pelantikan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler