KAI Commuter Line Tambah Jadwal KRL dan Petugas di Stasiun Manggarai

Penumpang KRL Commuter Line melonjak imbas masyarakat ingin menonton HUT ke-79 TNI.

Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah penumpang menaiki tangga menuju KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan.
Rep: Rizky Suryarandika/Muhammad Nursyamsi Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT KAI Commuter telah melakukan berbagai langkah dibutuhkan menyangkut antusiasme pengguna Commuter Line yang bepergian menuju Monas untuk menyaksikan perayaan HUT ke-79 TNI pada Sabtu (5/10/2024). KAI Commuter melakukan pengaturan pola operasi perjalanan Commuter Line mengikuti situasi di lintas.

KAI Commuter pun melakukan penambahan personel pengamanan di area stasiun. Tidak hanya itu, jadwal keberangkatan KRL Commuter Line pun ditambah empat kali demi mengurai penumpukan penumpang.

"Untuk tetap dapat melayani pengguna dengan aman dan nyaman, KAI Commuter melakukan penambahan empat perjalanan Commuter Line tambahan untuk relasi Manggarai-Jakarta Kota PP, sebagai antisipasi untuk mengurangi kepadatan di Stasiun Manggarai," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus di Jakarta, Sabtu (5/10/2024).

Baca Juga



Di stasiun transit tersebut, kata Joni, pengelola Commuter Line juga menambah jumlah personel pengamanan dari internal dan unsur TNI untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna . Selain itu, petugas di Stasiun Manggarai akan melakukan penyekatan di hall stasiun untuk pembatasan kepadatan di peron Stasiun Manggarai.

"Ini harus dilakukan untuk keamanan dan keselamatan pengguna Commuter Line," ujar Joni. Di Stasiun Manggarai, KAI Commuter menyiagakan 49 personel petugas pengamanan. Begitu pun di stasiun-stasiun yang dekat dengan kegiatan HUT TNI di Monas, seperti Stasiun Juanda dan Stasiun Gondangdia.

Pun KAI Commuter melakukan penambahan petugas pengamanan dan pelayanan, menyiagakan 30 personel pengamanan di Stasiun Juanda dan 23 personel di Stasiun Gondangdia. Di samping itu, KAI Commuter membuka loket portabel untuk antisipasi layanan pada pembelian tiket.

Untuk keamanan dan kenyamanan, KAI Commuter akan memberlakukan sistem buka tutup antrean pengguna yang akan masuk ke area peron stasiun jika keadaan sudah ramai. "Kami juga akan menyiagakan petugas-petugas pelayanan untuk membantu pelayanan di stasiun-stasiun tersebut," ujar Joni.

Pada pelayanan operasional perjalanan Commuter Line Jabodetabek hari ini, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 962 perjalanan. Di sisi lain, akan dilakukan antisipasi dengan melakukan rekayasa pola operasi secara situasional sesuai dengan kondisi di lintas.

Untuk mengurangi kepadatan pelanggan di Stasiun Juanda dan Gondangdia dalam antusiasme masyarakat dalam perayaan tersebut, akan ditambahkan perjalanan Commuter Line sebagai berikut :

- Commuter Line No. D1/1269C relasi Manggarai-Jakarta Kota
- Commuter Line No. D1/1270C relasi Jakarta Kota-Pasar Minggu
- Commuter Line No. D1/1309C relasi Pasar Minggu-Jakarta Kota
- Commuter Line No. D1/1310C relasi Jakarta Kota-Manggarai.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler