Warga Dunia Turun ke Jalan Kecam Setahun Genosida

Aksi-aksi unjuk rasa membela Palestina bakal ramaikan kota-kota di dunia pekan ini.

EPA-EFE/TOLGA AKMEN
Elizabeth Tower alias Big Ben, terlihat bersama para demonstran pro-Palestina yang berbaris ke Downing Street di London, Inggris, 5 Oktober 2024.
Red: Fitriyan Zamzami

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan di kota-kota besar di seluruh dunia pada Sabtu menuntut diakhirinya genosida Israel di Gaza dan Timur Tengah. Aksi-aksi ini dilakukan mendekati masuknya setahun pertama penyerangan brutal Israel ke wilayah itu.

Sekitar 40.000 demonstran pro-Palestina berbaris melalui pusat kota London sementara ribuan lainnya juga berkumpul di Paris, Roma, Manila, Cape Town, dan New York City. Demonstrasi juga diadakan di dekat Gedung Putih di Washington, memprotes dukungan AS terhadap sekutunya Israel dalam kampanye militer di Gaza dan Lebanon.

Para pengunjuk rasa di Times Square di New York City mengenakan syal keffiyeh hitam-putih dan meneriakkan slogan-slogan seperti: “Gaza, Lebanon kamu akan bangkit, rakyat ada di sisimu.” Mereka membentangkan spanduk menuntut embargo senjata terhadap Israel.

Anggota komunitas Yahudi Ortodoks mengibarkan bendera Lebanon saat mereka bergabung dengan demonstran pro-Palestina yang berbaris di Downing Street di London, Inggris, 05 Oktober 2024. - (EPA-EFE/TOLGA AKMEN)

Pertumpahan darah terbaru dalam konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung selama beberapa dekade dipicu ketika militan Hamas Palestina menyerang Israel selatan pada 7 Oktober 2023, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang, menurut penghitungan Israel.

Serangan militer Israel berikutnya di Gaza telah menewaskan hampir 42.000 warga Palestina, menurut kementerian kesehatan Gaza. Hal ini juga telah menyebabkan hampir seluruh penduduk wilayah kantong tersebut yang berjumlah 2,3 juta orang mengungsi, menyebabkan krisis kelaparan dan menyebabkan tuduhan genosida di Pengadilan Dunia yang dibantah oleh Israel.

“Sayangnya, terlepas dari semua niat baik kami, pemerintah Israel tidak menghiraukannya, dan mereka terus melanjutkan kekejaman mereka di Gaza, sekarang juga di Lebanon dan Yaman, dan mungkin juga di Iran,” kata Agnes, salah satu pengunjuk rasa. Kory di London. “Dan pemerintah kami, pemerintah Inggris, sayangnya hanya sekedar basa-basi dan terus memasok senjata ke Israel,” tambahnya.

Di London, demonstran tandingan mengibarkan bendera Israel ketika demonstran pro-Palestina lewat. Ada 15 penangkapan di sela-sela protes, menurut polisi, yang tidak merinci apakah mereka yang ditahan berasal dari kelompok mana pun.

Di Roma, polisi menembakkan gas air mata dan meriam air setelah bentrokan terjadi. Sekitar 6.000 pengunjuk rasa menentang larangan untuk berbaris di pusat kota menjelang peringatan serangan Hamas pada 7 Oktober. Di Berlin, protes yang diikuti sekitar 1.000 demonstran dengan bendera Palestina, meneriakkan: "Satu Tahun Genosida."

Demonstran Jerman juga mengkritik apa yang mereka sebut sebagai kekerasan polisi terhadap pengunjuk rasa pro-Palestina. Pendukung Israel di Berlin memprotes meningkatnya antisemitisme. Bentrokan terjadi antara polisi dan pengunjuk rasa pro-Palestina.

Selama setahun terakhir, skala pembunuhan dan kehancuran di Gaza telah memicu protes global terbesar selama bertahun-tahun, termasuk di Amerika Serikat, yang menyebabkan terjadinya perkemahan kampus pro-Palestina selama berminggu-minggu.

Para advokat telah menyuarakan keprihatinan atas retorika antisemit dan Islamofobia yang mengkhawatirkan dalam beberapa protes dan kontra-protes terkait konflik tersebut. Para aktivis hak asasi manusia telah memperingatkan akan meningkatnya ancaman terhadap Muslim dan Yahudi di seluruh dunia.

Demonstran pro-Palestina mengibarkan bendera dalam unjuk rasa di Ottawa, Ontario, Sabtu, 5 Oktober 2024. - (Justin Tang/The Canadian Press via AP)

Para pendukung Israel telah menyatakan kebenciannya atas beberapa slogan yang mereka katakan mempertanyakan hak Israel untuk hidup sebagai sebuah bangsa. Pengunjuk rasa pro-Palestina menunjuk pada kekerasan seperti insiden di mana massa di California menyerang perkemahan demonstran pada bulan April.

Perang di Gaza telah menyebar ke seluruh wilayah, menarik kelompok-kelompok yang didukung Iran di Lebanon, Yaman dan Irak. Israel telah secara tajam meningkatkan kampanyenya dalam beberapa pekan terakhir di Lebanon yang telah menewaskan ratusan orang, melukai ribuan orang, dan membuat lebih dari satu juta orang mengungsi. Israel mengatakan pihaknya berupaya untuk membubarkan militan Hizbullah Lebanon yang didukung Iran.

Iran meluncurkan rentetan rudal terhadap Israel minggu ini yang belum ditanggapi oleh Israel. Operasi Israel juga meningkat di Tepi Barat yang diduduki Israel sejak dimulainya perang di Gaza.

Di Paris, pengunjuk rasa Lebanon-Prancis Houssam Houssein mengatakan: "Kami khawatir akan terjadi perang regional, karena saat ini ada ketegangan dengan Iran, dan mungkin dengan Irak dan Yaman." Houssein menambahkan: "Kita benar-benar perlu menghentikan perang karena perang sekarang sudah tidak tertahankan lagi."

Masyarakat mengikuti unjuk rasa dukungan terhadap rakyat Palestina di Granada, Spanyol, 5 Oktober 2024. - (EPA-EFE/PEPE TORRES)

Israel telah menghadapi kecaman internasional atas tindakannya di Gaza, dan kini atas pemboman mereka terhadap Lebanon. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pemerintahnya bertindak untuk mencegah terulangnya serangan Hamas pada 7 Oktober dan Washington mengatakan pihaknya mendukung hak Israel untuk membela diri.

Badan-badan pemerintah AS pada hari Jumat memperingatkan bahwa peringatan serangan Hamas pada 7 Oktober mungkin memotivasi individu untuk terlibat dalam kekerasan. Para pejabat di beberapa negara bagian, termasuk New York, meningkatkan langkah-langkah keamanan sebagai bentuk kewaspadaan.

Di Manila, para aktivis bentrok dengan polisi anti huru hara setelah mereka dihalangi untuk mengadakan demonstrasi di depan kedutaan besar AS di ibu kota Filipina untuk menentang dukungan Washington terhadap Israel.

Diplomasi internasional yang didukung AS sejauh ini gagal mencapai kesepakatan gencatan senjata di Gaza. Hamas menginginkan perjanjian yang mengakhiri perang, sementara Israel mengatakan pertempuran hanya bisa berakhir jika Hamas dibasmi. Lebih banyak demonstrasi diperkirakan terjadi di seluruh dunia pada akhir pekan ini.

 

Aksi di Jakarta

Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (ARI-BP) akan menggelar aksi untuk Palestina Merdeka menjelang Setahun Genosida di Gaza dan 76 Tahun Perlawanan Palestina di Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat, Jakarta, pada Ahad (6/10/2024).

"Kami mengundang seluruh aktivis, masyarakat yang punya hati nurani, punya kehendak menyampaikan kepedulian dan rasa empati kita pada masyarakat Palestina untuk ikut dalam aksi bela Palestina di Patung Kuda pada Minggu pagi (6/10) pukul 05.30 WIB," kata Komite Pelaksana ARI-BP KH Nazar Haris saat jumpa pers di kawasan Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat malam.

Aksi ini akan dihadiri lebih dari 500.000 peserta dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari tokoh agama,  masyarakat, artis, pejabat negara dan sebagainya.

Saat ini, kata Nazar, merupakan momentum bagi masyarakat Indonesia untuk peduli kepada masyarakat Palestina dalam memerdekakan bangsa Palestina.

Bagaimana AS TErlibat Genosida di Gaza? - (Republika)
 

"Kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa, bahwa kita bangsa Indonesia komitmen dengan prinsip-prinsip Dasasila Bandung yang ingin negara-negara dimerdekakan," kata Ketua Presidium Majelis Ormas Islam (MOI) itu.

Sebelum ke Kedubes AS untuk menyampaikan orasi-orasi, ratusan ribu massa itu akan melakukan aksi longmarch dari Patung Kuda menuju Kedubes AS sambil napak tilas atas tragedi kemanusiaan di Gaza oleh zionis Israel.

Sementara itu, Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja sama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim, mengatakan Kedubes AS dipilih jadi lokasi aksi karena selama ini kebrutalan Israel didukung AS.

"Saya ingin menggunakan istilah yang terlampau vulgar, the main enemy of humanity, musuh kemanusiaan itu ya Israel dan Amerika. Karena itu, suara kita ya diarahkan pada penyebab utama penghancuran ini, yaitu Israel dan Amerika," katanya.

Ratusan massa mengikuti aksi bela Palestina dan launching gerakan boikot Israel dari Bandung untuk Palestina, yang digelar Aliansi Bela Palestina Boikot Israel (Ababil) di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/7/2024). - (Edi Yusuf)

Salah satu yang mereka suarakan dalam aksi itu adalah mendesak PBB menghukum Israel dan AS. "Karena itu kita Indonesia dan ARI-BP serta banyak negara sudah mendorong sedemikian rupa agar PBB membuat keputusan hukum dan politik atas semua kejahatan Israel," tegas Sudarnoto.

Dia juga mendorong Presiden terpilih Prabowo Subianto agar dapat fokus memberi dukungan kepada masyarakat Palestina dalam 100 hari kerja sebagai presiden usai dilantik pada 20 Oktober 2024.

"Kita menitipkan sebuah misi yang sangat penting bahwa 100 hari pertama presiden baru pak Prabowo itu fokusnya harus soal Palestina. Harus ada komitmen program 100 hari pertama Pak Prabowo soal Palestina," katanya.

sumber : Reuters/Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler