Mahasiswa Prodi Sains Data UNM Diterima Magang di Perusahaan Besar Nasional

Rianggi berhasil diterima magang di dua perusahaan sekaligus.

Dok Republika
Rianggi Silvi Anti, mahasiswa Program Studi (Prodi) Sains Data Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang berhasil diterima magang di dua perusahaan sekaligus
Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diterima magang di perusahaan ternama tentunya menjadi impian bagi sebagian besar mahasiswa untuk memperoleh pengalaman di dunia kerja. Salah satunya adalah Rianggi Silvi Anti, mahasiswa Program Studi (Prodi) Sains Data Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang berhasil diterima magang di dua perusahaan sekaligus melalui Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) 2024 Kampus Merdeka.

Baca Juga


Mahasiswa angkatan 2021 ini berhasil diterima di dua perusahaan besar, yaitu Badan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informasi (BPSDMP Kominfo) Provinsi Gorontalo dan PT Jababeka & Co di Cikarang, Jawa Barat sebagai Data Scientist. 

Pencapaian ini didapat setelah Rianggi mendaftar di beberapa posisi dalam program MSIB.

“Waktu itu saya mendaftar MSIB di 22 posisi. Saya menjalani berbagai tes yang ketat, seperti psikotest dan wawancara. Sempat merasakan penolakan juga hingga akhirnya diterima di dua perusahaan,” jelas Rianggi dalam rilis yang diterima Kamis (10/10/2024).

Meskipun diterima di dua perusahaan, Rianggi akhirnya memutuskan untuk menerima tawaran dari PT Jababeka & Co. 

“PT Jababeka & Co menawarkan kesempatan yang sangat menarik. Sebagai perusahaan besar di bidang pengembangan industri dan properti, saya merasa ini adalah tempat yang tepat untuk mempelajari lebih dalam tentang penerapan data science di sektor bisnis yang luas,” ungkapnya.

Di PT Jababeka & Co, Rianggi berkesempatan menempati posisi sebagai Data Scientist. Ia akan terlibat dalam berbagai proyek strategis yang berlangsung dari 16 September hingga 30 Januari mendatang. “Saya ditempatkan pada proyek analisis untuk membangun usaha di bidang peternakan, perkebunan, dan kehutanan,” terangnya.

Rianggi berharap melalui magang di PT Jababeka & Co ini dapat memperoleh pengalaman praktis yang berharga dalam mengelola dan menganalisis data terkait proyek agribisnis. 

“Saya berharap magang ini memberikan pengalaman praktis dalam mengelola data serta memperdalam pemahaman saya tentang industri agribisnis untuk mendukung karier saya sebagai Data Scientist,” tuturnya.

Sementara itu, Tati Mardiana, Kaprodi Sains Data Universitas Nusa Mandiri (UNM), menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang dicapai oleh Rianggi. “Saya sangat bangga dengan pencapaian Rianggi. Ini adalah bukti bahwa mahasiswa Prodi Sains Data memiliki potensi besar untuk berkompetisi di dunia kerja,” ujar Tati.

Tati berharap mahasiswa prodi Sains Data yang sedang menjalani magang dapat melaksanakan tugas mereka dengan penuh tanggung jawab, serta menjaga nama baik Universitas Nusa Mandiri selama di tempat magang.

“Saya berharap para mahasiswa bisa menunjukkan dedikasi tinggi dan menjaga reputasi baik UNM dengan sikap profesional selama magang,” ungkap Tati.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler