Israel akan Segera Tarik Pasukan dari Lebanon, Tanda Kalah dari Hizbullah?  

Israel melakukan serangan balasan ke Iran

AP Photo/Leo Correa
Tentara Israel membawa peti mati sersan yang tewas akibat serangan drone Hizbullah, saat pemakamannya di dekat Ramot Naftali, Israel, Senin, 14 Oktober 2024.
Rep: Teguh Firmansyah Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV-Israel Broadcasting Corporation (IBC) mengutip para pejabat senior di bidang keamanan yang mengatakan bahwa operasi darat di Lebanon selatan sedang dalam tahap akhir. Pernyataan ini tak selang jauh dari serangan Israel ke Iran. 

Baca Juga


Para pejabat itu memperkirakan operasi darat akan berakhir dalam satu atau dua pekan. "Jika tidak ada perubahan pada menit-menit terakhir dan sesuai dengan pertimbangan operasional dan politik,” kata lembaga penyiaran itu dikutip dari Aljazeera, Sabtu (26/10/2024).

IDF percaya bahwa mereka telah membuat pencapaian yang signifikan di garis kontak di desa-desa di Lebanon selatan, dengan banyak infrastruktur Hizbullah di atas dan di bawah tanah yang dibongkar, kata laporan itu.

Laporan itu mencatat bahwa IDF belum mencapai semua desa Syiah di daerah tersebut, “Tetapi siap untuk menjangkau mereka juga”.

Ada pertimbangan lain sebelum penarikan pasukan IDF dari Lebanon, terutama aspek politik, karena para pejabat sebelumnya telah menegaskan bahwa negosiasi pra-gencatan senjata dengan Lebanon akan dilakukan di bawah tembakan dan di bawah tekanan militer.

Kepala Staf Israel Halevy mengatakan pada hari Kamis bahwa perang di front Lebanon sekarang dapat diakhiri karena kepemimpinan tertinggi Hizbullah telah dieliminasi.

Israel mengatakan bahwa tujuan kampanye militernya di Lebanon adalah untuk memungkinkan kembalinya puluhan ribu orang ke wilayah utara yang telah dipaksa meninggalkan daerah tersebut karena baku tembak lintas batas dengan Hizbullah yang telah berlangsung selama lebih dari satu tahun.

Sebelumnya, tentara Israel mengumumkan tewasnya dua orang di Majd al-Krum di Galilea, setelah 10 tentara tewas dan lebih dari 20 lainnya luka-luka di Lebanon dalam satu hari yang digambarkan Israel sebagai hari yang sulit, karena Hizbullah mengatakan mereka menargetkan empat tank Merkava Israel dan menembakkan puluhan roket.

Tentara Israel mengatakan bahwa kedua orang tersebut tewas ketika pecahan peluru dari rudal pencegat jatuh di atas sebuah roket yang ditembakkan dari Libanon, sementara media Israel mengatakan bahwa bombardir roket tersebut menyebabkan puluhan orang terluka di kota Shomera, demikian menurut Radio Angkatan Darat Israel.

Sementara itu, surat kabar Maariv mengatakan bahwa penduduk Majd al-Krum menuduh pemerintah Israel lalai dalam menyediakan benteng dan perlindungan yang diperlukan untuk kota tersebut sehubungan dengan terus ditembaknya roket-roket dari Lebanon selatan ke seluruh wilayah di Galilea Atas.

 

Dalam konteks ini, tentara Israel mengumumkan dalam sebuah posting di platform X, bahwa setelah peringatan yang diaktifkan di Galilea Atas, Galilea Barat dan Galilea Tengah, sekitar 30 peluncuran roket terdeteksi melintasi wilayah Lebanon, beberapa di antaranya dicegat dan yang lainnya diamati jatuh di daerah terbuka.

Sebelumnya pada Jumat, tentara Israel mengumumkan tewasnya dua perwira dan tiga tentara dalam pertempuran di Lebanon selatan, sehingga jumlah tentara Israel yang tewas dalam 24 jam menjadi 10 orang, di samping 20 orang yang terluka.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Galant menggambarkan kematian tentara Israel sebagai hari yang sulit. Galant menekankan bahwa Israel harus tetap bersatu agar dapat berdiri teguh.

Tentara Israel di perbatasan utara dikutip oleh Yedioth Ahronoth mengatakan bahwa mereka menghadapi kelalaian dan kurangnya tindakan perlindungan dan baju besi.

Tentara di perbatasan utara menyatakan bahwa pemerintah mengabaikan peringatan mereka dan salah satu dari mereka terbunuh oleh roket Hizbullah. Mereka mengatakan bahwa ada pihak yang mengabaikan keselamatan para tentara di lapangan dengan alasan yang tidak jelas.

Di sisi lain, Hizbullah mengumumkan bahwa mereka menargetkan empat tank Merkava dengan peluru kendali, satu di pinggiran kota Marwahin dan dua lainnya di sekitar kota al-Adaysa, menyebabkan tank-tank tersebut terbakar, menewaskan dan melukai para awaknya.

Sebelumnya, Hizbullah mengatakan bahwa mereka menargetkan sebuah tank Merkava dan pasukan Israel, membunuh dan melukai awaknya di sekitar kota Houla di Lebanon selatan.”

Kemudian, Hizbullah mengatakan bahwa pesawat tempurnya menargetkan pasukan Israel yang terdiri dari empat tentara di dekat sebuah kendaraan di lingkungan Wazzani di kota Kafr Kila di Lebanon selatan.

BACA JUGA: 9 Berita Gembira untuk Mereka yang Rajin Sholat Subuh Berjamaah  

Dalam serangkaian pernyataan di Telegram, Hizbullah mengkonfirmasi “kami menembaki dengan artileri sebuah kumpulan pasukan musuh Israel di lokasi Manara”.

“Kami mencegat pesawat tak berawak Hormuz 450 Israel di atas Nabatieh dengan rudal permukaan udara dan memaksanya meninggalkan wilayah udara Lebanon,” kata Hizbullah.

Hizbullah menambahkan bahwa pihaknya menargetkan dengan peluru kendali sebuah kendaraan militer Hummer di dekat kota al-Adaysa dengan empat tentara di dalamnya, “membunuh dan melukai mereka”, dan menyerang posisi al-Baghdadi Israel dengan skuadron pesawat tak berawak, menghantamnya secara akurat.

 

 

Presiden Ramaphosa: Afrika Selatan akan Selalu Bersama Palestina http://republika.co.id/berita//slvc48320/presiden-ramaphosa-afrika-selatan-akan-selalu-bersama-palestina

Ini Dia Kesamaan Antara ISIS dan IDF Israel di Timur Tengah Menurut Pakar http://republika.co.id/berita//sluxvy320/ini-dia-kesamaan-antara-isis-dan-idf-israel-di-timur-tengah-menurut-pakar

9 Berita Gembira untuk Mereka yang Rajin Sholat Subuh Berjamaah http://republika.co.id/berita//sls2nm320/9-berita-gembira-untuk-mereka-yang-rajin-sholat-subuh-berjamaah

 

 

 

 

Mereka menambahkan bahwa mereka menargetkan dengan peluru artileri sebuah pertemuan pasukan IDF di pinggiran timur kota Aytaroun di Lebanon selatan.

Hizbullah mengatakan pihaknya menembakkan sebuah roket kualitatif ke pangkalan Karmel di selatan Haifa, dan menargetkan pemukiman Manara, posisi Habbushit, pemukiman Malkiyeh, dan kumpulan pasukan Israel di pinggiran kota Marwahin dengan ledakan roket.

Pihaknya mengumumkan telah menembakkan rudal ke “pemukiman Katsarin di Golan yang diduduki”.

Pihaknya mengatakan bahwa mereka menargetkan pertemuan pasukan “musuh Israel” di permukiman Misgav Am dan Manara, pangkalan Beit Hillel dan sekitar Kafr Kila di Libanon selatan dengan tembakan roket.

Pihaknya juga mengatakan: “Kami menghantam pangkalan udara Ramat David dengan rudal kualitatif.”

Juru bicara IDF mengatakan bahwa sebuah pesawat tak berawak yang diluncurkan dari Lebanon berhasil dicegat sebelum mencapai Israel.

Channel 12 Israel melaporkan bahwa 10 roket ditembakkan dari Lebanon ke arah Dataran Tinggi Golan tanpa mengaktifkan sirene dan beberapa di antaranya berhasil dicegat oleh sistem pertahanan.

BACA JUGA: Ini Dia Kesamaan Antara ISIS dan IDF Israel di Timur Tengah Menurut Pakar Tentara

Israel mengumumkan bahwa mereka mendeteksi 30 roket yang ditembakkan ke arah Galilea, yang mengindikasikan bahwa mereka mencegat sebuah pesawat tak berawak di Galilea Barat yang menyeberang dari wilayah Lebanon.

Front Depan Israel mengatakan bahwa sirene terdengar di Misgav Am, Margliot, Ya'ara dan beberapa kota di Israel utara. Sirene juga berbunyi di dalam dan di sekitar Safed.

Beberapa kota di Lebanon selatan dihantam serangan udara Israel. Kantor Berita Lebanon melaporkan bahwa sebuah mobil yang menjadi sasaran pesawat tak berawak Israel di jalan umum di Tyre, Lebanon selatan, menewaskan satu orang.

Sebelumnya pada hari Jumat, Pertahanan Sipil di Lebanon selatan mengatakan tiga orang menjadi martir dalam serangan Israel di kota selatan Hasbaya.

Di Lebanon timur, Pertahanan Sipil mengatakan enam orang tewas dan 12 lainnya terluka dalam serangan udara Israel di kota al-Khader di Lembah Bekaa.

Koresponden Al Jazeera mengatakan bahwa tentara Israel melancarkan serangan ke kota Bayut al-Siyad, Toul dan Zabadin di Lebanon selatan, dan menambahkan bahwa dua pesawat tak berawak Israel mengebom sekitar kota Badnayel di Lembah Bekaa di Libanon timur, dan serangan Israel lainnya di pantai Ras al-Ain di wilayah Tyre.

Di sisi lain, pesawat tempur Israel melancarkan serangan ke penyeberangan Masnaa di perbatasan Lebanon-Suriah.

Sebuah jet tempur Israel juga melancarkan serangan di penyeberangan perbatasan Jussi antara wilayah Baalbek, Lebanon dan kota Homs, Suriah, dan menutupnya untuk lalu lintas kendaraan.

Penarikan pasukan UNIFIL

Pasukan penjaga perdamaian dari Pasukan Interim PBB di Lebanon (UNIFIL) menarik diri dari sebuah pos pengamatan di kota selatan Dheira pada hari Selasa setelah pasukan Israel menembaki pos tersebut, demikian pernyataan dari pasukan tersebut pada hari Jumat.

“Pasukan penjaga perdamaian yang bertugas di pos pengamatan permanen di dekat Dheira sedang mengamati tentara IDF yang sedang melakukan operasi pembersihan di rumah-rumah di dekatnya,” kata UNIFIL dalam sebuah pernyataan. “Ketika tentara IDF menyadari bahwa mereka sedang diawasi, mereka menembaki pos tersebut, dan para penjaga mundur untuk menghindari cedera.

BACA JUGA: Presiden Ramaphosa: Afrika Selatan akan Selalu Bersama Palestina

Sejak 23 September, Israel telah melancarkan agresi darat dan udara yang luas terhadap Lebanon dan mencoba menembus ke selatan, setahun setelah bentrokan perbatasan yang meletus setelah perang genosida di Jalur Gaza pada Oktober 2023.

Agresi ke Lebanon telah mengakibatkan total 2.593 kematian dan 12.119 luka-luka, termasuk sejumlah besar anak-anak dan perempuan, serta lebih dari 1,4 juta orang terlantar, dengan sebagian besar korban dan pengungsi tercatat setelah 23 September.

Hizbullah menanggapi setiap hari dengan roket, pesawat tak berawak, dan peluru artileri yang menargetkan situs militer dan permukiman, dan sementara Israel mengumumkan beberapa kerugian manusia dan materialnya, militer menyensor sebagian besar kerugian tersebut, menurut para pengamat.

Sumber: Aljazeera

 

Persenjataan Hizbullah - (CSIS)

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler