Taman Safari Bogor Berlakukan Tiga Kelas Tarif Tiket Masuk

Taman Safari Bogor kini menjual kelas premium ekonomi.

Republika/Shabrina Zakaria
Sejumlah satwa yang ada di area Safari Journey di Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor.
Red: Indira Rezkisari

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kini memberlakukan tiga kelas untuk tarif tiket masuk ke tempat wisata yang berlokasi di kawasan Puncak tersebut. Koordinator Pendapatan Taman Safari Bogor M Pahrul Rozi menjelaskan sejak 20 Oktober 2024 tarif masuk Taman Safari Bogor tidak hanya terdiri dari kelas reguler dan premium, melainkan juga kelas premium ekonomi.

Baca Juga


“Pemberlakuan tiket kelas Premium Ekonomi ini mulai 20 Oktober 2024. Tiketnya bisa dipesan via online ataupun offline di loket masuk Taman Safari Bogor,” ungkap Rozi, Sabtu (26/10/2024).

Ia menjelaskan perbedaan antara tiga kelas tarif tiket masuk ini memang mencolok, khususnya beberapa wahana yang dinilai menjadi primadona di Taman Safari Bogor. “Untuk premium ekonomi kita sudah sediakan free wahana permainan. Untuk regular belum ada fasilitas free wahana. Untuk kelas paling eksklusif adalah Kelas Premium dengan fasilitas free visit Istana Panda,” ujarnya.

Rozi juga mengingatkan bahwa harga tiket tiga kelas ini berbeda di hari biasa dan akhir pekan sehingga pengunjung yang ingin memesan tiket perlu mencermati waktu pemesanan dan penggunaannya. “Kami juga berharap pengunjung agar teliti sebelum memesan,” kata Rozi.

Tarif tiket kelas premium ekonomi pada hari biasa Rp 220 ribu untuk dewasa dan Rp 175 ribu untuk anak usia 1-5 tahun. Sedangkan pada akhir pekan Rp 235 ribu untuk dewasa dan Rp 185 ribu untuk anak usia 1-5 tahun.

Tarif tiket kelas reguler pada weekday (hari biasa) Rp 195 ribu untuk dewasa dan Rp 150 ribu untuk anak usia 1-5 tahun, sedangkan weekend (akhir pekan) Rp 210 ribu untuk dewasa dan Rp 175 ribu untuk anak usia 1-5 tahun.

Tarif tiket kelas premium pada weekday Rp 230 ribu untuk dewasa dan Rp 185 ribu untuk anak usia 1-5 tahun, sedangkan weekend Rp 255 ribu untuk dewasa dan Rp 195 ribu untuk anak usia 1-5 tahun.

 

Lembaga Konservasi Taman Safari Indonesia (TSI) turut mendirikan tempat rekreasi edukasi mengenai satwa di Ibu Kota Nusantara atau IKN, Kalimantan Timur. Direktur TSI Jansen Manansang mengungkapkan, saat ini sudah melakukan pemetaan dalam menentukan calon lokasi Taman Safari di IKN.

"Mudah-mudahan bisa secepatnya, tahun 2025 mulai pemetaan calon lokasi di IKN, sesuai dengan zona-zonanya," ujarnya di Taman Safari Bogor, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menurut Jansen, di IKN masih terdapat banyak hutan yang dapat dimanfaatkan sebagai taman marga satwa, seperti halnya Taman Safari Bogor yang berlokasi di kawasan Gunung Gede Pangrango. "Kira-kira begitulah, karena di sana luas sekali, di ada hutan kotanya, cocok untuk taman safarinya," kata Jansen.

Ia mengaku terkesan dengan pemerintah yang mampu mewujudkan pembangunan infrastruktur di IKN, juga dengan suksesnya penyelenggaraan upacara kemerdekaan perdana di Istana Negara, IKN. "Itu suatu kebanggaan buat kita juga, karena nanti (IKN) menjadi ibu kota terbesar, maka di situ pun nanti ada Taman Safari Indonesia," ujarnya.

Taman Safari Indonesia saat ini memiliki taman rekreasi dan situs konservasi kelas dunia yang terletak di enam lokasi yakni, Taman Safari Bogor, Jakarta Aquarium Safari, Taman Safari Bali, Taman Safari Prigen, Taman Safari Solo, serta Safari Beach Batang. Taman ini memiliki lebih dari 9.325 Satwa dari 409 spesies dan menarik lebih dari 6 juta pengunjung setiap tahunnya.

Sejak 1980, Taman Safari Indonesia telah memainkan peran penting dalam menyelamatkan, merehabilitasi, dan melepaskan ribuan satwa kembali ke alam liar.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler