BSI Targetkan Migrasi Pengguna ke Super App Byond dalam 6 Bulan
Migrasi akan dilakukan secara bertahap agar pengguna dapat beralih dengan lancar.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Syariah Indonesia (BSI) menargetkan migrasi seluruh pengguna BSI Mobile ke Super App terbaru mereka, Byond by BSI, dalam waktu enam bulan ke depan. Direktur Utama BSI, Hery Gunadi, mengungkapkan proses migrasi akan dilakukan secara bertahap agar pengguna dapat beralih dengan lancar.
"Target kami adalah, Insya Allah, enam bulan semua pengguna BSI Mobile sudah beralih ke Byond by BSI," ujar Hery Gunadi saat ditemui di Jakarta, Ahad (17/11/2024).
Sebagai langkah awal, BSI telah mengenalkan Byond by BSI di berbagai lokasi strategis dalam dua pekan terakhir ini. Kampanye ini akan berlanjut dengan aktivasi di mal-mal besar dan kota-kota besar di Indonesia, seperti Aceh, Bandung, dan Semarang, untuk meningkatkan kesadaran nasabah akan keunggulan Byond by BSI.
Hery menjelaskan, saat ini ada sekitar 7 juta pengguna terdaftar di BSI Mobile dengan sekitar 3,5 juta hingga 4 juta di antaranya aktif menggunakan aplikasi tersebut. BSI berharap, dengan migrasi ini, lebih dari 50 persen dari total 21 juta nasabah BSI akan beralih ke Byond by BSI.
"Pengguna BSI Mobile yang aktif dan terdaftar sekitar 7 juta orang, dan kita harap lebih dari 50 persen dari total nasabah kita dapat menggunakan Byond by BSI dalam waktu dekat," lanjut Hery.
Aplikasi Byond by BSI tidak hanya menawarkan fitur perbankan konvensional seperti transfer, cek saldo, dan cicil emas, tetapi juga dilengkapi dengan fitur sosial dan spiritual, seperti pembayaran zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf), serta pengingat waktu salat dan arah kiblat.
Selain itu, Byond by BSI juga dirancang dengan antarmuka yang lebih ramah pengguna dan aman, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi nasabah, baik untuk transaksi keuangan maupun kebutuhan gaya hidup, seperti pembelian tiket pesawat dan kereta api. Sebagai bagian dari upaya migrasi, BSI juga menggencarkan pendekatan langsung melalui cabang-cabang di seluruh Indonesia, selain mengandalkan kampanye digital dan offline untuk mendekatkan aplikasi Byond by BSI kepada nasabah.
"Pendekatan kami tidak hanya melalui media massa, tetapi juga langsung ke nasabah di cabang dan berbagai lokasi lain. Dengan cara ini, kami berharap migrasi ke Byond by BSI bisa lebih cepat," jelas Hery.