Raja Mobil Listrik, Dalam Dua Bulan BYD Mampu Produksi Sejuta Mobil Listrik

BYD meluncurkan kendaraan listrik pertamanya, F3e pada 2008.

Republika/Prayogi
Pengunjung memadati booth BYD dalam ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD, Tengerang, Banten, Kamis (18/7/2024).
Red: Firkah fansuri

REPUBLIKA.CO.ID,Hari Senin (18/11/2024) BYD menyelenggarakan upacara untuk menandai peluncuran kendaraan listrik baru ke-10 juta yang diproduksi dan untuk merayakan ulang tahun ke-30. Di acara tersebut, pendiri dan CEO BYD Wang Chuanfu, merenungkan tonggak sejarah perusahaan selama tiga dekade terakhir.

Kendaraan ke-10 juta yang diproduksi adalah Denza Z9 yang baru diluncurkan. Pemilik kendaraan yang sedang mencatat tonggak sejarah ini adalah Feng Ji, pendiri dan CEO Game Science dan produser gim populer "Black Myth: Wukong". BYD, awal tahun ini, menjalin kemitraan dengan Game Science untuk menjadi mitra merek otomotif eksklusif untuk game tersebut.

Pada September 2024 BYD merayakan produksi mobil listriknya yang ke-9 juta. Hari ini atau dua bulan setelahnya, BYD merayakan produksi ke 10 juta unit yang artiya dalam dua bulan BYD memproduksi satu juta unit.

Sejarah BYD

BYD didirikan pada bulan Februari 1995 di Shenzhen dengan hanya 20 karyawan dan modal awal sebesar 2,5 juta yuan (345.000 dolar AS). Saat ini, perusahaan tersebut merupakan produsen NEV terbesar di dunia dan memperkerjakan lebih dari 900 ribu orang di seluruh dunia.

Awalnya berfokus pada baterai isi ulang, BYD dengan cepat menjadi produsen baterai isi ulang terbesar kedua di dunia pada tahun 1998. BYD menjadi pemasok baterai utama untuk Motorola dan Nokia pada tahun 2000, yang mendorong pendapatan dan reputasi.

BYD 316

Baca Juga


Pada tahun 2003, BYD memasuki industri otomotif dengan mengakuisisi Xi’an Qinchuan Automobile, yang awalnya berfokus pada kendaraan bertenaga bahan bakar. Pada tahun 2004, BYD membuat mobil pertamanya, yang disebut 316, tetapi dengan cepat dibatalkan karena minat yang rendah dari diler.

Mobil produksi pertama yang dikembangkan sendiri, BYD F3, diluncurkan pada tahun 2005, dengan cepat mendapatkan pengakuan konsumen dan menjadi model Tiongkok pertama yang terjual lebih dari 10.000 unit setiap bulannya.

BYD meluncurkan kendaraan listrik pertamanya, BYD F3e, pada tahun 2008, secara resmi memasuki pasar NEV (energi baru) yang terdiri dari mobil listrik murni dan hybrid plug in.

Maju cepat ke tahun 2020, BYD meluncurkan Blade Battery-nya, yang mencapai terobosan dalam hal keamanan, jangkauan, dan kecepatan pengisian daya. Perusahaan tersebut juga meluncurkan platform DM hibridanya pada tahun yang sama, yang semakin memperkuat dominasinya dalam NEV.

Produksi mobil listrik ke-3 juta BYD

Pada 16 November 2022, hampir tepat tiga tahun yang lalu, BYD memproduksi NEV ke-3 jutanya – BYD Seal yang murni bertenaga listrik. Pada tanggal 9 Agustus 2023, BYD meluncurkan kendaraan listriknya yang ke-5 juta, yang menjadi rekor industri. Pada bulan September 2024, perusahaan tersebut mencapai 9 juta kendaraan listrik, menjadi produsen mobil pertama di dunia yang mencapai tonggak sejarah ini. Saat ini, BYD telah mencapai 10 juta kendaraan listrik yang diproduksi hanya dalam waktu dua bulan.

Untuk perayaan tersebut, BYD membuat pajangan sejarah mereknya yang memperlihatkan model-model dari F3 pertama hingga model-model terbarunya seperti Yangwang U9.

BYD secara konsisten telah berinvestasi besar dalam penelitian dan pengembangan, dengan teknologi-teknologi inovatif seperti Blade Battery, sistem hibrida DM, e-Platform 3.0 Evo, dan sistem suspensi Yunnian (juga dikenal sebagai Sistem DiSus).

Prestasi terkini, seperti Yangwang U9 yang sangat cepat dan berteknologi canggih serta hasil putaran Nürburgring, menunjukkan hasil penelitian dan keunggulan kompetitif perusahaan tersebut.

BYD terintegrasi secara vertikal secara unik dengan lebih dari 70 persen komponen kendaraannya dipasok oleh BYD. Dari cetakan hingga jalur produksi dan peralatan, BYD mengendalikan rantai pasokannya dengan ketat untuk mengurangi biaya produksi dan memberikan keunggulan kompetitif dalam hal margin keuntungan. BYD juga mengoperasikan layanan pengirimannya sendiri untuk mengekspor mobilnya.

BYD telah tumbuh menjadi pemimpin global dalam industri NEV, dengan operasi tambahan dalam bidang elektronik, kendaraan komersial dan konsumen, energi terbarukan, dan angkutan kereta api. BYD memegang posisi dominan di pasar Tiongkok dan telah dengan cepat memperluas operasinya ke berbagai negara dan wilayah di seluruh dunia.

sumber : carNewsChina.com
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler