Bank DKI Dorong Digitalisasi Sistem Pembayaran PAM Jaya

Sinergi ini langkah nyata menghadirkan solusi pembayaran yang modern dan inklusif.

.
Sistem pembayaran PAM Jaya kini bisa dilakukan secara digital. Digitalisasi pembayaran itu bisa diterapkan setelah PAM Jaya menjalin kerja sama digitalisasi pembayaran dengan Bank DKI.
Red: Budi Raharjo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sistem pembayaran PAM Jaya kini bisa dilakukan secara digital. Digitalisasi pembayaran itu bisa diterapkan setelah PAM Jaya menjalin kerja sama digitalisasi pembayaran dengan Bank DKI.

Baca Juga


Kerja sama itu diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional, transparansi keuangan, dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan PAM Jaya, serta masyarakat Jakarta secara keseluruhan. Direktur Utama PAM Jaya, Arief Nasrudin, mengatakan sinergi dua BUMD ini menjadi tonggak penting dalam transformasi layanan air minum di Jakarta.

“Kami meyakini dengan dukungan Bank DKI, PAM Jaya dapat memberikan layanan yang lebih transparan dan efisien kepada pelanggan. Kerja sama ini juga sejalan dengan komitmen kami dalam memberikan solusi inovatif yang mendukung pelayanan publik dan pengelolaan air minum yang lebih baik,” ujar Arief.

Perjanjian Kerja Sama diteken Arief dan Direktur Utama Bank DKI Agus H Widodo di Jakarta, Selasa (24/12/2024). Kerja sama mencakup tiga inisiatif strategis. Pertama, integrasi sistem keuangan host-to-host yang memungkinkan pengelolaan transaksi keuangan PAM Jaya secara digital untuk efisiensi dan keamanan.

Kedua, penerapan Virtual Account sebagai metode pembayaran tagihan air yang dapat diakses melalui aplikasi JakOne Mobile, ATM Bank DKI, dan kanal pembayaran lainnya. Terakhir, sistem penerimaan pembayaran tagihan air secara online melalui collection agent (aggregator) untuk memberikan fleksibilitas dan kemudahan kepada pelanggan.

Direktur Utama Bank DKI menyampaikan sebagai BUMD, sinergi ini memperkuat hubungan antar perusahaan daerah. "Kerja sama ini juga wujud dukungan program kerja untuk Pemprov DKI Jakarta khususnya langkah inovasi dalam menciptakan layanan publik yang lebih baik dan terintegrasi secara digital,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, menambahkan sinergi ini merupakan langkah nyata dalam menghadirkan solusi pembayaran yang modern dan inklusif. Bank DKI berkomitmen untuk terus mendukung transformasi digital, tidak hanya untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, tetapi juga sebagai wujud sinergi mendukung pertumbuhan ekosistem BUMD yang berkelanjutan.

Kolaborasi ini turut mencerminkan komitmen perseroan dalam membangun ekosistem BUMD yang terintegrasi secara finansial dan mendukung infrastruktur pelayanan publik di Jakarta. Sebelumnya, Bank DKI dan PAM Jaya telah bersinergi dalam pembukaan rekening, pembayaran gaji karyawan baru, pengelolaan rekening proyek, serta transaksi digital untuk pembayaran tagihan air melalui aplikasi JakOne Mobile dan ATM Bank DKI.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler