BRIAPI dan BRImo Dorong Transformasi Digital dengan 100+ Produk API dan 37,1 Juta Pengguna
BRIAPI merupakan bagian dari komitmen BRI untuk mempermudah akses masyarakat.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus mempercepat transformasi digital perbankan melalui BRIAPI dan Super App BRImo. Kedua solusi digital ini berperan penting dalam mendukung inklusi keuangan dan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.
Sejak diluncurkan pada 2018, BRIAPI telah menyediakan lebih dari 100 produk API yang memudahkan integrasi layanan perbankan BRI ke dalam platform digital mitra pihak ketiga. Solusi open banking ini memungkinkan berbagai layanan BRI, seperti pengecekan mutasi rekening, transfer, BRIVA, dan QRIS, untuk diakses dengan lebih fleksibel dan mudah. BRIAPI juga berkontribusi dalam pemberdayaan UMKM Indonesia, memfasilitasi integrasi sistem pembayaran dan informasi perbankan dalam platform bisnis mereka.
Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M Nugraha menjelaskan, BRIAPI merupakan bagian dari komitmen BRI untuk mempermudah akses masyarakat terhadap layanan keuangan digital. “Dengan menawarkan solusi yang fleksibel dan mudah diakses, BRIAPI berperan dalam meningkatkan efisiensi transaksi dan memperluas jangkauan layanan perbankan di seluruh lapisan masyarakat,” ungkap Arga beberapa waktu lalu.
Selain BRIAPI, BRImo, super app perbankan milik BRI, juga mencatatkan perkembangan signifikan. Pada akhir September 2024, jumlah pengguna BRImo mencapai 37,1 juta, tumbuh 24,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, nilai transaksi yang melalui BRImo tercatat sebesar Rp 4.034,9 triliun, mengalami kenaikan 35,2 persen YoY.
“Dengan integrasi BRIAPI dan BRImo, kami berharap dapat mempercepat digitalisasi layanan perbankan di Indonesia, memberikan kemudahan akses, serta mendorong peningkatan transaksi yang aman dan efisien bagi masyarakat dan UMKM,” tambah Arga.
Dengan langkah-langkah ini, BRI semakin memperkuat posisinya sebagai pendorong utama transformasi digital dan inklusi keuangan di Indonesia, membuka lebih banyak peluang bagi masyarakat untuk memanfaatkan layanan keuangan digital dengan mudah dan aman.