'Squid Game Season 2' Pecahkan Rekor Netflix dengan 68 Juta Penonton dalam Tiga Hari
Squid Game Season 2 berpotensi melampaui musim pertama sebagai judul terbesar Netflix
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setelah penantian panjang, Squid Game Season 2, resmi dirilis pada 26 Desember 2024 dan langsung mencatatkan rekor baru di Netflix. Dalam tiga hari penayangan, musim kedua yang terdiri atas tujuh episode ini berhasil meraup 68 juta penonton, dan menduduki peringkat pertama dalam daftar TV pekanan nonbahasa Inggris di 92 negara.
Tidak hanya menjadikannya sebagai serial yang paling banyak ditonton dalam sepekan, tetapi mengalahkan kompetisi besar termasuk siaran langsung pertandingan NFL Hari Natal yang menampilkan Beyonce, demikian seperti dilansir dari Deadline, Rabu (1/1/2025).
"Squid Game Season 2" juga telah memecahkan rekor Netflix untuk jumlah penonton terbanyak dalam pekan debutnya, untuk sebuah serial di pekan penayangan perdananya, yang sebelumnya dipegang oleh “Wednesdey” dengan 50,1 juta penonton.
Bahkan, hanya dalam waktu tiga hari, musim kedua telah masuk ke dalam daftar acara TV non-Inggris terpopuler di Netflix di peringkat 7. Ia berhasil melewati “Dear Child”, “All of Us Are Dead”, “Berlin Season 1” dan “Who Killed Sara? Season 1” untuk meraih posisi itu.
Dengan pencapaian ini, Squid Game Season 2 berpotensi melampaui musim pertama sebagai judul terbesar Netflix sepanjang masa. Serial ini masih memiliki waktu lebih dari 80 hari untuk menambah 197 juta penonton.
Untuk memaksimalkan antusiasme musim kedua dari serial ini, Netflix meluncurkan kampanye promosi yang begitu masif di berbagai negara mulai dari Brazil, Italia, hingga Indonesia, dan berhasil mengumpulkan 6 juta penggemar secara online dan 52 ribu penggemar secara langsung. Hampir 37.000 orang berpartisipasi dalam perlombaan, labirin, permainan, dan banyak lagi yang terinspirasi oleh Squid Game.
Sebagai contoh, Netflix meluncurkan teaser Squid Game Season 2 di Lucca Comics & Games 2024 di Italia, yang dihadiri oleh pencipta serial Hwang Dong-hyuk serta para bintang seperti Lee Jung-jae dan Wi Ha-jun. Di Paris, para penggemar bahkan ditantang untuk bermain Red Light, Green Light di Champs-Elysees.
Netflix juga mengadakan pemutaran perdana dunia di Dongdaemun Design Plaza di Seoul dengan sekitar 1.000 tamu yang hadir dan lebih dari 300 ribu orang menonton melalui siaran langsung.
Squid Game kini menjadi serial Netflix yang paling banyak ditonton sepanjang masa dengan 265 juta penayangan dalam 91 hari pertama. Serial ini telah bertahan dari banyak saingan selama beberapa tahun terakhir, termasuk “Stranger Things” dan “Wednesday”.
Musim ketiga sekaligus terakhir Squid Game dijadwalkan tayang pada tahun 2025.