OCBC Indonesia dan BCA Digital Dorong Dana Murah Melalui Tabungan Anak
Lewat tabungan anak, anak bisa belajar financial planner untuk masa depan
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) Indonesia dan BCA Digital semakin gencar mengoptimalkan strategi penghimpunan dana murah melalui segmen tabungan anak. OCBC dengan kampanye Young Nyala serta BCA Digital melalui bluAccount for Teens menghadirkan berbagai inovasi produk yang tidak hanya mempermudah anak belajar menabung, tetapi juga memperluas basis dana murah bagi perbankan.
Personal Banking Division Head OCBC Indonesia Chinni Yanti Tjhin menyampaikan, kampanye Young Nyala merupakan bagian dari inisiatif OCBC Indonesia dalam mendukung generasi yang lebih paham keuangan. Dengan fitur Yang Paham, Yang Pintar dan Yang Aman, OCBC Indonesia memastikan anak bisa belajar finansial secara interaktif sambil tetap berada dalam pengawasan orang tua.
"Kami percaya bahwa agar anak bisa mengelola keuangan sejak dini, orang tua perlu memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertanggung jawab dalam mengelola uang secara mandiri, tentunya dengan pendampingan,” ujar Chinni di Jakarta, Senin (24/2/2025).
Chinni menambahkan, selama ini OCBC Indonesia sudah memiliki produk Tanda Junior, namun sebelumnya tidak aktif dipasarkan. Saat ini, jumlah nasabahnya masih kecil, kurang dari 5 persen dari total nasabah.
"Dengan peluncuran kampanye Young Nyala, kami menargetkan pertumbuhan jumlah nasabah setidaknya dua kali lipat dari yang ada sekarang," ujarnya.
OCBC sepanjang 2024 juga masih mengalami peningkatan 13 persen menjadi Rp205,9 triliun. Di samping kredit yang terus mengucur tumbuh 11 persen (yoy), OCBC juga mampu menjaga kualitas kredit dengan rasio kredit bermasalah bruto stabil pada level 1,6 persen.
Sementara itu, BCA Digital mencatat pencapaian signifikan dengan bluAccount for Teens, sebuah produk tabungan digital yang dirancang khusus bagi remaja usia 12-17 tahun yang belum memiliki KTP. Direktur Utama BCA Digital Lanny Budiati mengungkapkan, layanan ini telah mendapatkan respons positif, dengan lebih dari 2.500 pengguna dan saldo rata-rata per rekening mencapai lebih dari Rp1,1 juta.
“bluAccount for Teens tidak hanya memberikan akses perbankan yang mudah bagi remaja, tetapi juga membantu mereka memahami pengelolaan keuangan sejak dini,” jelas Lanny.
Di tengah persaingan ketat dalam penghimpunan dana murah, terutama dari bank-bank BUMN yang agresif menarik dana masyarakat, OCBC dan BCA Digital tetap fokus pada inovasi produk. OCBC menghadirkan kartu debit edisi khusus bertema Disney dan Marvel untuk menarik minat anak-anak, sedangkan BCA Digital melengkapi bluAccount for Teens dengan fitur seperti bluSaving, bluGether dan bluDeposit yang dirancang untuk membangun kebiasaan menabung sejak dini.
Upaya ini sejalan dengan dorongan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar perbankan memperkuat strategi penghimpunan dana murah guna menjaga likuiditas. Dengan pendekatan edukasi finansial dan kemudahan akses layanan perbankan digital, OCBC dan BCA Digital optimistis dapat meningkatkan basis nasabah muda serta menciptakan generasi yang lebih siap menghadapi tantangan finansial di masa depan.