Kamis 12 Mar 2020 10:34 WIB

Ratusan Planet Minor Baru Ditemukan di Luar Neptunus

Ilmuwan memulai dengan meneliti 7 miliar data untk menemukan planet baru.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Planet Neptunus(Astrology.co.au)
Foto: Astrology.co.au
Planet Neptunus(Astrology.co.au)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti menemukan lebih dari 300 objek trans-Neptunus (TNO). Diantaranya adalah planet-planet kecil yang terletak jauh dari tata surya, termasuk lebih dari 100 penemuan baru.

Penemuan menggunakan data dari Survei Energi Gelap (DES). Dalam penelitian yang diterbitkan dalam The Astrophysical Journal Supplement Series dan dipimpin oleh mahasiswa pascasarjana Pedro Bernardinelli dan profesor Gary Bernstein dan Masao Sako dijelaskan bahwa pendekatan baru untuk menemukan jenis objek serupa dan apat membantu pencarian di masa depan untuk Planet Nine yang hipotetis dan planet-planet lain yang belum ditemukan.

Baca Juga

Tujuan DES, yang menyelesaikan enam tahun pengumpulan data pada Januari, adalah untuk memahami sifat energi gelap dengan mengumpulkan gambar presisi tinggi dari langit selatan. Meski DES tidak dirancang secara khusus dengan mempertimbangkan TNO, luasnya dan kedalaman cakupan membuatnya sangat mahir dalam menemukan objek baru di luar Planet Neptunus.

"Jumlah TNO yang dapat Anda temukan tergantung pada seberapa banyak langit yang Anda lihat dan apa hal terkecil yang dapat Anda temukan," ujar Bernstein, salah satu kepala tim penelitian, dilansir Science Daily, Kamis (12/3).