Rabu 25 Mar 2020 07:43 WIB

Tips Lancar Kerja dari Rumah

Ada sejumlah tips yang bisa diterapkan untuk memperlancar kerja dari rumah.

Ibu bekerja dari rumah. Ada sejumlah tips yang bisa diterapkan untuk memperlancar kerja dari rumah.
Foto: secureteen
Ibu bekerja dari rumah. Ada sejumlah tips yang bisa diterapkan untuk memperlancar kerja dari rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, Sejak seruan bekerja dari rumah digulirkan, orang tua pun menghadapi tantangan tersendiri. Bagaimana agar tetap bisa produktif di tengah perbedaan suasana kerja dan kendala yang mungkin menghampiri?

1. Tetapkan jam kerja

Baca Juga

Situs Pegipegi menyarankan agar orang tua untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif saat bekerja dari rumah, mulai dengan menerapkan jam kerja yang sama ketika berada di kantor. Gunakan waktu yang biasanya digunakan untuk bersiap-siap ke kantor menjadi kegiatan lain, misalnya menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah.

Suasana bekerja juga bisa dibangun lewat tempat, sebisa mungkin hindari bekerja dari tempat tidur. Menggunakan pakaian yang sama ketika bekerja di kantor juga dipercaya bisa membantu mengubah suasana bekerja dari rumah.

2. Komunikasi dengan keluarga

Tidak semua orang paham konsep bekerja dari rumah, terutama anak-anak. Beri tahu kondisi kepada keluarga, mungkin juga tetapkan jam berapa saja tidak bisa diganggu.

Siapkan kegiatan untuk anak-anak, misalnya menggambar, menonton film, selama orang tua bekerja dari rumah. Jika memungkinkan, minta bantuan orang lain, misalnya pengasuh, untuk menjaga anak selama orang tua bekerja dari rumah.

3. Komunikasi dengan rekan kantor

Meski pun bekerja dari rumah, jalin komunikasi dengan rekan-rekan di kantor untuk memberikan perkembangan tentang proyek yang sedang dikerjakan. Aktifkan notifikasi email, aplikasi obrolan dan nada dering ponsel agar komunikasi dengan kantor berjalan lancar.

4. Jam istirahat

Jangan lupa menetapkan waktu istirahat saat bekerja di rumah, yang mungkin terlupa karena terlihat seperti tidak sedang bekerja. Selain makan siang, pertimbangkan untuk melakukan peregangan di sela-sela waktu kerja.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement