Sabtu 28 Mar 2020 16:56 WIB

Makanan ini Perkuat Sistem Imun di Tengah Virus Corona

Brokoli dan ayam bisa perkuat sistem imun khususnya bila disiapkan dengan dikukus

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sayur brokoli.
Foto: Flickr
Sayur brokoli.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat di berbagai belahan dunia saat ini tengah dilanda kekhawatiran akan penyebaran dan penularan virus Corona. Tak terkecuali di Indonesia, di mana sudah ada lebih dari 1.000 kasus infeksi virus Corona.

Virus ini menyerang saluran pernapasan dan menimbulkan gejala seperti batuk, pilek, demam, dan pada kasus yang lebih parah adalah pneumonia. Penyebaran virus ini yang begitu cepat membuat orang-orang perlu melakukan tindakan pencegahan.

Baca Juga

Selain melindungi diri dengan mencuci tangan secara rutin, pencegahan juga dilakukan dengan meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun. Karena itu, perlunya memilih makanan yang tepat yang berpotensi meningkatkan sistem imun.

Alangkah baiknya jika melakukan diet Mediterania, yang umumnya dipandang sebagai cara makan paling sehat. Diet ini memprioritaskan jenis makanan seperti sayuran, buah yang sarat vitamin, serat berkualitas baik, protein tanpa lemak, ikan berminyak, kacang-kacangan, telur dan minyak zaitun murni (EVOO).