Rabu 01 Apr 2020 20:31 WIB

Opensignal Buka Data Penggunaan Wifi di Beberapa Negara

Penggunaan wifi di beberapa negara meningkat sejak 16 Maret 2020.

Red: Qommarria Rostanti
Logo Wifi atau internet nirkabel.
Foto: Flickr
Logo Wifi atau internet nirkabel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan analitik mobile, Opensignal, berbagi data temuan waktu penggunaan wifi secara global. Hasilnya, penggunaan wifi meningkat selama pandemi virus corona. Hal ini seiring dengan arahan untuk tetap berada di rumah dalam upaya memutus rantai penyebaran virus tersebut.

"Di beberapa negara, persentase waktu yang dihabiskan masyarakatnya untuk terhubung ke jaringan wifi dapat meningkat, bahkan sebelum pemerintah memberlakukan tindakan karantina secara resmi," demikian hasil temuan Opensignal yang dibagikan, pada Selasa (31/3).

Riset Opensignal menunjukkan waktu yang dihabiskan untuk terhubung ke jaringan wifi meningkat di Hong Kong beberapa pekan. Hal tersebut terjadi bahkan sebelum adanya perubahan signifikan di sebagian besar wilayah Asia lainnya.

Opensignal menemukan adanya lonjakan terhadap waktu penggunaan wifi dari pekan ke pekan di Filipina sejak pekan ketiga Maret, yang dimulai pada 16 Maret, sebanyak 20 hingga 25 persen. kala itu, pulau utama negara tersebut sedang dalam masa karantina.