REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Hotel Orchardz Pontianak tetap beroperasi dengan mencari alternatif jasa yang diberikan agar menjadi sumber pemasukan. Salah satu caranya ialah dengan menyediakan layanan pesan-antar makanan ke rumah pelanggan di tengah wabah Covid-19.
"Memang untuk keadaan saat ini, okupansi sangat anjlok, sehingga kami harus mencari alternatif lain agar tetap bisa memberikan pemasukan untuk hotel. di antaranya kami jualan makanan yang kami antar sampai ke rumah para pelanggan," ujar General Manager Hotel Orchardz Pontianak, Kholid Basyaiban di Pontianak, Kamis.
Menurut Kholid, menjual makanan yang diantarkan ke rumah pelanggan juga menjadi bagian dari upaya pihaknya untuk membantu masyarakat agar tidak keluar rumah. Untuk mengakses layanan tersebut, peminat cukup menelepon dan pesanan akan dikirimkan tanpa biaya antar.
Hotel Orchardz Pontianak beroperasi dengan mengurangi jam kerja karyawan di tengah kondisi tingkat hunian yang rendah. Kholid mengatakan, hal itu tidak bisa dihindari di hotelnya dan penginapan lainnya di Pontianak.
"Alhamdulillah karyawan kami juga memaklumi keadaan hotel," kata Kholid.
Manajemen hotel, menurut Kholid, terharu ketika mendapati para pekerja malah tetap masuk seperti biasa meskipun kebijakan jam kerja yang baru telah berlaku. Ia mengatakan, hal tersebut menunjukkan bahwa di saat senang dan susah, mereka tetap bersama.
"Mereka bisa mempunyai rumah, membeli kendaraan, dan menyekolahkan anak-anaknya dari hasil kerja di Hotel Orchardz, sehingga di saat susah yang dirasakan oleh perusahaan, mereka pun ikut merasakan susah bareng karena mereka sudah lama juga merasakan bahagia bersama di perusahaan ini," ungkap dia.