Monday, 27 Rabiul Awwal 1446 / 30 September 2024

Monday, 27 Rabiul Awwal 1446 / 30 September 2024

Cegah Masyarakat Mudik, MPR: Bansos Harus Segera Disalurkan

Selasa 21 Apr 2020 01:03 WIB

Red: Bayu Hermawan

 Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat

Foto: MPR
Wakil Ketua MPR menilai pemberian bansos bisa jadi cara cegah masyarakat mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menilai, masyarakat memilih mudik dini karena kehilangan pekerjaan dan berbagai alasan lain akibat Covid-19. Untuk mencegah masyarakat memilih mudik, maka menurutnya bantuan sosial harus segera disalurkan, khususnya untuk mereka yang tak punya penghasilan untuk biaya hidup maupun untuk membayar kontrak rumah.

"Saat ini sejumlah perusahaan sudah mulai mengistirahatkan karyawan. Penyaluran bansos harus lebih cepat," ujar Rerie, sapaan Lestari Moerdijat di Jakarta, Senin (20/4/2020).

Baca Juga

Rerie mengatakan sebelum pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan, sudah banyak pekerja sektor informal kehilangan penghasilan. Dengan berlakunya PSBB, pemerintah menjanjikan akan menyalurkan beragam program bantuan sosial (Bansos) antara lain Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 10 juta penerima, program bantuan sembako selama 9 bulan untuk 20 juta penerima.

Selain itu, Bansos tambahan untuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sebanyak 4,1 juta penerima, Kartu Pra-Kerja untuk 5,6 juta orang dan bantuan langsung tunai (BLT) untuk 9 juta keluarga.