Senin 11 May 2020 16:23 WIB

11 Mei, Lahirnya Maestro Musik Ismail Marzuki

Sepanjang hidupnya Ismail Marzuki menciptakan sekitar 200 lagu.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Agus Yulianto
Ismail Marzuki dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh pemerintah pada 2004.
Foto: Wikipedia
Ismail Marzuki dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh pemerintah pada 2004.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lagu Halo-halo Bandung, Rayuan Pulau Kepala dan Gugur Bunga adalah beberapa lagu terkenal yang diciptakan oleh maestro seniman asli betawi, Ismail Marzuki.

Ismail Marzuki telah menciptakan sekitar 200 lagu sepanjang hidupnya, mulai dari bertema cinta, kemanusiaan hingga perjuangan bangsa. Namanya pun diabadikan sebagai tempat pusat kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM). Pemerintah juga menganugerahi sebagai Pahlawan Nasional pada 2004 lalu.

Ismail Marzuki lahir di Kwitang, Jakarta pada 11 Mei 1914. Saat kecil, ia pernah belajar di sebuah pesantren lalu dilanjutkan dengan menempuh pendidikan di HIS Idenburg (setara SD) di Menteng sampai tamat. Setelah itu, dia melanjutkan pendidikan sekolah menengahnya di MULO, Menjangan, Jakarta.

Dari bersekolah di MULO, Bang Maing, sapaan akrabnya, menjadi fasih berbahasa Belanda. Dengan modal tersebut, dia diterima bekerja di Socony Service Station dan dapat mempermudah Ismail dalam mempelajari musik. Ismail memulai debutnya di bidang musik pada usia 17 tahun, ketika untuk pertama kalinya ia berhasil mengarang lagu "O Sarinah” pada 1931.