REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa hotel di AS akan dibuka kembali untuk pelanggan. Namun, ada beberapa penyesuaian yang dilakukan. Salah satunya dalam hal kebersihan.
Westin Houston Medical Center adalah hotel pertama yang menggunakan robot untuk mendisinfeksi ruang tamu dan area umum. Robot-robot zapping dirancang untuk membunuh bakteri, jamur, dan virus menggunakan sinar UV. Perusahaan pembuat mengklaim robot itu terbukti mematikan virus corona.
Sementara itu, Hilton menerapkan segel pada pintu kamar tamu untuk menunjukkan bahwa kamar tersebut belum diakses sejak terakhir kali dibersihkan.
Ruangannya sendiri mungkin terlihat aneh. Barang-barang yang sulit didisinfeksi akan hilang, termasuk bantal dekoratif, syal tidur, notes, pamflet, dan pena. Minibar juga hilang. Barang-barang lainnya, seperti jubah akan tersedia berdasarkan permintaan.
Pada sisi positifnya, minuman selamat datang dan handuk tangan dingin mungkin sudah menunggu di kamar tamu, seperti yang dilakukan Sandals Resorts. Banyak hotel memberi tamu perlengkapan keamanan pribadi di dalam kamar yang dilengkapi dengan masker, desinfektan, dan tisu.
Para tamu di AMResorts yang mewah dan lengkap di Karibia dan Amerika Tengah dan Selatan akan menemukan bantal dan selimut dalam kamar yang disegel dalam kemasan vakum.
“Hotel selalu fokus pada layanan yang dipersonalisasi dan menyediakan lingkungan yang hangat dan ramah bagi para tamunya,” kata dekan School of Hotel Administration di Universitas Cornell, Kate Walsh.
Karena itu, menurut dia, kondisi ini menjadi tantangan bagi hotel untuk menyampaikan esensi keramahtamahan ketika secara sosial menjauhkan dan memutuskan tamu dari staf.