Ahad 24 May 2020 07:30 WIB

Taktik Atur Kulkas Tetap Rapi

Menimbun makanan di kulkas menjadi kebiasaan di tengah pandemi Covid-19.

Red: Indira Rezkisari
Kesulitan keluar rumah untuk berbelanja akibat PSBB membuat banyak rumah berbelanja dalam jumlah banyak dan menyimpannya di kulkas.
Foto: ist
Kesulitan keluar rumah untuk berbelanja akibat PSBB membuat banyak rumah berbelanja dalam jumlah banyak dan menyimpannya di kulkas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berada di rumah membuat kegiatan di dapur menjadi turut meningkat. Temuan AC Nielsen baru-baru ini mendapati bahwa 49 persen konsumen Indonesia lebih sering memasak di rumah daripada sebelum terjadinya wabah Covid-19.

Ini sejalan pula dengan kesadaran kesehatan yang semakin meningkat. Studi lain dari SurveySensum menyebut 47 persen konsumen Indonesia lebih sering mengonsumsi buah-buahan dan sayur mayur. Kesulitan keluar rumah untuk berbelanja akibat PSBB membuat banyak rumah berbelanja dalam jumlah banyak dan menyimpannya di kulkas.

Akibatnya kulkas seringkali menjadi penuhi. “Pandemi Covid-19 menempatkan peralatan rumah tangga pada posisi yang semakin diperlukan pengguna. Terlebih lemari pendingin, yang membantu menjaga kesegaran bahan makanan untuk asupan Anda dan keluarga. Fungsinya harus dimanfaatkan seoptimal mungkin. Sayangnya, belanjaan yang lebih banyak justru membuat kulkas jadi sesak, makanan di dalamnya sulit diambil, dan tanpa Anda tahu sudah rusak atau melewati masa kedaluwarsa. Penataan isi kulkas menjadi kunci,” ujar Lestari Pratiwi, Marketing Executive Bosch Home Appliances Indonesia, dalam siaran persnya.

Namun ada sejumlah taktik yang bisa dipraktikkan untuk menjaga kulkas tidak penuh dan makanan di dalamnya terjaga kesegaran.

Blusukan kulkas

Cek isi kulkas. Buang yang sudah basi dan telat tanggal konsumsi.

Tata penempatan berdasarkan tingkat kesegarannya. Letakkan bahan makanan yang harus segera diolah di area yang mudah dilihat dan terjangkau. Biasakan untuk membuka kulkas sebelum berbelanja agar Anda tidak overstocked dan kekurangan ruang simpan.

Pilah pilih

Tidak semua makanan tepat disimpan di kulkas. Banyak yang beranggapan asal masuk kulkas, makanan menjadi lebih awet. Ketahui mana yang lebih baik disimpan pada suhu ruang. Tidak saja kualitas makanan tersebut terjaga, bonusnya, ruang kulkas bisa untuk menyimpan yang lain.

Wadah tembus pandang

Gunakan wadah transparan untuk menyimpan bahan makanan di kulkas. Dengan demikian, Anda mudah menumpuknya untuk efisiensi ruang. Makanan juga lebih mudah dicari tanpa perlu mengobrak-abrik isi kulkas.

Label anti lupa

Tidak ingat kapan potongan daging dibeli? Atau, kapan masakan buatan mulai tersimpan di kulkas? Hindari risiko mengonsumsi makanan yang sudah tidak layak dengan memberi label tanggal pada kotak simpan. Pilih yang tidak mudah lepas, namun tetap aman ketika dicuci (atau bahkan yang bisa ditulis ulang) untuk penggunaan berikutnya.

Anti berantakan

Ketahui fungsi kulkas agar mendapatkan faedah yang maksimal. Bukan saja membantu penyimpanan lebih rapi, tetapi juga menjaga bahan makanan terjaga kesegarannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement