REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyaksikan penyaluran bantuan Telkom Group kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Erick mengapresiasi penyaluran 100 ribu paket bantuan dan donasi kepada para pelaku UMKM serta pekerja informal.
Erick menilai, kegiatan yang dilakukan Telkom Group merupakan wujud kebersamaan bangsa dalam menghadapi pandemi Covid-19.
"Kita yakini insya Allah bisa melewati ini asalkan gotong royong. Saya apresiasi Telkom yang terus bekerja keras, tidak hanya sebagai BUMN yang harus mencari uang tapi menjalankan tugas negara membantu ekonomi nasional dan rakyat," ujar Erick di Jakarta, Rabu (20/5).
Erick mengatakan, Telkom Group telah membantu pemerintah dalam menangani penanganan virus korona. Tak hanya membantu melakukan penanggulangan, kata Erick, Telkom Group juga ikut serta dalam meringankan beban para pelaku UMKM dan juga pekerja informal lewat bantuan. Erick menyebut Telkom menjalankan tugas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan melaksanakan program-program pemerintah.
"Dalam kondisi sekarang ini, ada badai dan hari ini Hari Kebangkitan Nasional kita tak boleh berhenti kita harus berjalan dengan keterbatasan," ucap Erick.
Erick menyampaikan, tantangan besar yang dihadapi Indonesia saat ini berbeda dengan yang menimpa bangsa pada krisis 1998 dan 2008 yang hanya menyasar pada sektor keuangan.
"Kondisi hari ini berbeda dengan kondisi sebelumnya 1998 dan 2008 yang hanya krisis ekonomi di bagian keuangan atau moneter, tapi saat ini benar-benar kondisi yang impact daya beli masyarakat secara langsung," lanjut Erick.
Oleh karena itu, kata Erick, Jokowi mendorong adanya bantuan kepada para pelaku UMKM. Menurut Erick, masyarakat harus dapat makan dan bekerja kembali dengan catatan kurva penyebaran korona mengalami penurunan.
Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Ririek Adriansyah mengatakan, bantuan sembako lebaran diberikan kepada para pelaku UMKM hingga pekerja informal yang mengalami dampak pandemi. Bantuan juga diberikan kepada pekerja lapangan Telkom yang masih harus berjibaku di lapangan guna memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan.
"Para pekerja lapangan Telkom harus berjibaku menjaga layanan Telkom khususnya Indihome bisa berjalan dengan baik. Karena di tengah kita bekerja, belajar, dan ibadah di rumah, maka kepastian layanan di rumah sangat penting," ujar Ririek.