Jumat 22 May 2020 12:08 WIB

Satgas RAFICO Jaga Ketersediaan dan Layanan Pelumas

Pengendalian dan pemantauan penjualan pelumas berjalan lancar.

PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola bisnis pelumas domestik dan internasional telah mengaktifkan Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan Idul Fitri dan Covid-19 (RAFICO) 2020.
Foto: istimewa
PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola bisnis pelumas domestik dan internasional telah mengaktifkan Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan Idul Fitri dan Covid-19 (RAFICO) 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola bisnis pelumas domestik dan internasional telah mengaktifkan Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan Idul Fitri dan Covid-19 (RAFICO) 2020. satgas ini bertugas  menjamin penyediaan kebutuhan dan layanan pelumas Pertamina bagi seluruh masyarakat,  serta konsumen di industri strategis di Indonesia saat Idul Fitri 1441 H.

Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Ageng Giriyono dalam keterangan tertulisnya Jumat (22/5) menyampaikan PT Pertamina Lubricants terus mengedepankan ketersediaan dan pelayanan yang optimal kepada pelanggan dan masyarakat walau berada di tengah pandemi Covid-19.  Pihaknya memastikan pengendalian dan pemantauan penjualan pelumas  berjalan lancar. “Kami telah menjalankan berbagai program yang berupaya untuk mendukung kebutuhan konsumen kami baik di sektor ritel dan industri serta memastikan layanan pelumas Pertamina aman dan terjamin," katanya.

Menjelang Idul Fitri 1441 H, Satgas RAFICO terus memonitor ketersediaan bahan baku pelumas Pertamina, melakukan pengecekan proses produksi dengan ketat, memastikan ketersediaan produk di seluruh Depot Supply Point (DSP) di 24 wilayah serta memastikan kelancaran distribusi dari tiga Gudang Nusantara ke tujuh wilayah Sales Region di penjuru negeri. 

Seluruh kegiatan proses bisnis di wilayah operasi dan pemasaran serta peninjauan lapangan Satgas RAFICO PT Pertamina Lubricants tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19 dengan ketat seperti penerapan jaga jarak fisik, penyemprotan disinfektan di pabrik, DSP, gudang dan outlet, serta penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) berupa sarung tangan, masker dan pemakaian hand sanitizer secara rutin.

“Dalam menghadapi Ramadhan, Idul Fitri, dan pandemi Covid-19, sebagian besar pekerja di pabrik, DSP dan Sales Region tidak melakukan work from home (WFH) tapi melakukan pengaturan shift kerja dan pengaturan kapasitas produksi, distribusi dan sales guna memastikan ketersediaan dan pelayanan pelumas Pertamina lancar ke masyarakat dan konsumen”, kata Ageng Giriyono.

Untuk segmen ritel, PT Pertamina Lubricants menjamin ketersediaan pelumas Pertamina di lebih dari 3.000 SPBU Pertamina dan ribuan outlet seperti bengkel Olimart, Enduro Express dan bengkel umum di seluruh indonesia. Dan sebagai bentuk kepedulian untuk para garda terdepan pelayanan masyarakat yang bekerja di SPBU dan bengkel, Satgas RAFICO PT Pertamina Lubricants memberikan bingkisan Sembako dan paket higienitas untuk mekanik di seluruh Indonesia. 

Sebagai dukungan atas himbauan pembatasan sosial, PT Pertamina Lubricants juga menghadirkan Pertamina Lubricants Home Service (PLHS) yang memudahkan masyarakat untuk membeli oli dari rumah sekaligus melakukan penggantian olinya dengan memesan melalui Pertamina Call Center 135, Aplikasi MyPertamina, melalui Whatsapp di +6281999900135 atau melalui website plhs.pertaminalubricants.com./. PLHS sudah berjalan di 85 kota/kabupaten di Indonesia sejak April 2020 dan bekerjasama dengan jaringan outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. PLHS akan berjalan sampai dengan 11 Juni 2020 mendatang. 

Untuk segmen industri, Ageng  mengatakan  PT Pertamina Lubricants berkomitmen mengajak konsumen untuk bersama-sama memerangi Covid-19 melalui berbagai upaya pencegahan yakni dengan displin dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Karena itu, PT Pertamina Lubricants telah menyalurkan disinfektan, paket higienitas, dan hand sanitizer ke konsumen pelumas Pertamina di berbagai sektor termasuk sektor manufaktur dan transportasi. Kedepannya, PT Pertamina Lubricants juga akan membagikan 10.000 masker. 

Di masa pandemi Covid -19 ini dan selama bulan Ramadhan, PT Pertamina Lubricants tetap menjalankan program social marketing "Yuk.. Berbagi itu Indah”, dimana PT Pertamina Lubricants mengajak konsumen dan masyarakat berkontribusi kebaikan dari pembelian setiap liter produk Pelumas Pertamina segmen ritel otomotif. Yakni produk pelumas Fastron Series, Enduro Series, Meditran Series, Prima XP dan Mesran.

Sebagian hasil penjualan disisihkan untuk aksi kemanusiaan di seluruh Indonesia. Dengan program ini, PT Pertamina Lubricants sudah menyalurkan bantuan makanan, sembako, serta paket higienitas dan masker kepada ratusan pekerja sektor informal seperti para pengemudi transportasi umum, juru parkir, dan penyapu jalanan, dilanjutkan dengan penyediaan fasilitas cuci tangan di berbagi tempat umum.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement