Ahad 21 Jun 2020 07:48 WIB

Kopi Flores yang 'Terbang' Sampai ke Finlandia

Biji kopi Flores tersedia di jaringan department store hingga kedai kopi Finlandia.

Red: Nora Azizah
Biji kopi Flores tersedia di jaringan department store hingga kedai kopi Finlandia (Foto: ilustrasi kopi)
Foto: Needpix
Biji kopi Flores tersedia di jaringan department store hingga kedai kopi Finlandia (Foto: ilustrasi kopi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Biji Kopi Flores sangrai (roasted beans) kini tersedia di jaringan department store Finlandia "Stockmann". Bahkan, juga sampai berbagai kedai kopi Cafetoria di Helsinki dan Johla, Finlandia.

Cafetoria merupakan cafe dan roastery yang mengimpor biji Kopi Robusta Flores dan Biji Kopi Lintong Sumatera Utara. Cafetoria dimiliki pasangan suami istri Mia Nikander asal Finlandia dengan Ivan Ore asal Peru.

Baca Juga

Mia Nikander yang menyambut Duta Besar RI untuk Finlandia, Wiwiek Setyawati Firman, dan pebisnis kuliner di Helsinki "Nusantara ry" di Cafetoria menjelaskan perjalanan bisnis kopinya. Mia dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/6) menjelaskan, sejak 2003 mengimpor kopi dari Peru.

Mereka membina petani kopi di Desa El Palomar Peru agar menghasilkan biji kopi specialty terbaik untuk pasar Finlandia yang potensial, sebagai kopi Gran Palomar di bawah merek dagang Cafetoria. Sedangkan untuk Kopi Robusta Flores, Mia dan Ivan mengimpornya selama 10 tahun belakangan dari pemasok di Jerman. Kopi itu dijual di berbagai cafe miliknya serta seluruh Department Store Stockmann.